Bom Meledak di Pekanbaru, Polisi Tembak Pengacau Keamanan Pemilu 2024 !

Pekanbaru, Detak Indonesia--Bom meledak di kawasan perkantoran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Selasa pagi tadi (17/10/2023).

Polisi dan pengacau keamanan sempat terjadi tembak menembak, nampak pengacau keamanan ada yang terkapar di aspal Jalan Gajah Mada Pekanbaru akibat rentetan tembakan Tim khusus Gegana Brimobda Polda Riau lulusan diklat anti teror Amerika Serikat.

Nampak pula Ketua KPU Riau diculik, disandera, dilarikan, disembunyikan oleh kelompok pengacau keamanan dari Kantor KPU Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Tim Gegana yang mengendus keberadaan persembunyian pelaku penculik ini mengendap-endap di balik gedung tempat disembunyikannya Ketua KPU Riau, Tim Gegana bersenjata lengkap melakukan penyergapan dengan didahului peledakan pintu masuk gedung tempat disembunyikannya Ketua KPU itu. Polisi berhasil menyelamatkan Ketua KPU Riau, penculik berhasil dilumpuhkan secara tepat dan terukur.

Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca SAp M Han, Danlanud RSN Pekanbaru, Marsma TNI M Nurdin.

 

Di tempat lain terjadi pembakaran objek vital, pembakaran ruko, dan lain-lain, oleh pengacau dan pelaku kerusuhan segera aparat polisi mengerahkan kemampuannya mengantisipasi situasi kalut ini. Nampak mobil water bombing dengan pasukan Gegana berlapis tameng/perisai anti teror memukul mundur massa perusuh.

Demikian antara lain atraksi simulasi usai Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 yang digelar personel Polda Riau jajaran di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Hadir di acara ini Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Ketua DPRD Riau Yulisman, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca SAp M Han, PJ Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Plh Ketua KPU Riau Nugroho Noto Susanto SIP MSi, dan pejabat lainnya.

 

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dalam amanatnya menyampaikan kepada peserta apel yang hebat dan luar biasa. Menurutnya tahapan Pemilu 2024 semoga berjalan lancar.

"Provinsi kerawanan tinggi ada lima segera lakukan antisipasi. Terus lakukan mapping sosial di daerah masing-masing. Terorisme harus menjadi perhatian serius di Pemilu 2024. Pelaku teror agar ditangkap sebelum melakukan aksinya," kata Kapolda membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam simulasi ini awal ceritanya, Kota Pekanbaru suasananya berjalan aman damai. Lalu lintas kendaraan berjalan lancar. Kegiatan masyarakat berjalan normal. Capres atau Bacaleg yang sedang kampanye di kawal polisi tiba-tiba di demo warga terjadi kerusuhan, lwntas pengawal segera menyelamatkan Capres atau Bacaleg yang kampanye tadi.

 

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) usai perhitungan suara, ada saksi yang protes keras hasil pemungutan suara dan buat kerusuhan, akhirnya diamankan polisi. Kotak suara yang didalamnya terdapat surat suara yang sudah dicoblos diangkut mobil polisi mau diantar ke Kantor KPU, tiba-tiba dirampas gerombolan pengacau, dan polisi segera melakukan penyelamatan kotak surat suara dengan melumpuhkan pengganggu tersebut.

Beberapa korban berjatuhan di simulasi ini. Menyusul terdengar suara tembak-menambak menggelegar tak henti-henti dari sudut di lingkungan perumahan pejabat di kawasan Jalan Gajah Mada dekat rumah dinas Gubernur Riau.

Nampak beberapa polisi bersenjata api muncul dan memuntahkan sejumlah tembakan melumpuhkan beberapa orang pengacau bersenjata api. Beberapa pengacau nampak berjatuhan dan lainnya diamankan.

Demikian gelaran simulasi pengamanan Kota Pekanbaru dalam Pengamanan Pemilu 2024 Kota Pekanbaru yang digelar jajaran Polda Riau dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal di Jalan Gajah Mada Pekanbaru Selasa pagi tadi (17/10/2023). (azf)

 


Baca Juga