Polisi Kawal Tim KPK Periksa Kerugian Negara Pembangunan Flyover Simpang SKA

Pekanbaru, Detak Indonesia--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI masih melakukan penyelidikan, pemeriksaan terhadap flyover Soekarno Hatta - Tuanku Tambusai atau simpang Mal SKA, Kota Pekanbaru, Selasa pagi hingga siang tadi (24/10/2023). 

Kedatangan tim anti rasuah itu dalam rangka menindaklanjuti dugaan kerugian negara (korupsi) pembangunan jembatan layang tersebut yang dibangun 2018 lalu.

Sumber kepolisian yang dihubungi awak media ini Selasa siang (24/10/2023) membenarkan Tim KPK sedang melakukan pemeriksaan terhadap flyover simpang Mal SKA Pekanbaru Selasa (24/10/2023).

"Tadi di flyover Mal SKA ada anggota kepolisian ngawal siapa itu Pak, oh itu tim KPK," jelas sumber kepolisian pada awak media ini Selasa siang tadi (24/10/2023).

 

Pantauan wartawan media ini di flyover Mal SKA Pekanbaru nampak pekerja sedang melakukan boring test suatu pengujian untuk mengetahui kondisi coran jalan dari setiap lapisannya, mulai dari permukaan sampai ke bagian bawah. Uji bor merupakan pengujian lapangan yang paling akurat dan baik untuk segala jenis pengeboran jalan, aspal, dan tanah.

Kabid Bidang Pemberitaan KPK Ali Fikri yang dihubungi wartawan Selasa (24/10/2023), belum memberi keterangan resmi. Demikian juga Kadis PUPR Riau Arief Setiawan setali tiga uang belum memberikan keterangan resmi kendati sudah dikonfirmasi.

"Iya, tim KPK turun ke flyover SKA menindaklanjuti pemeriksaan (dugaan kerugian negara) beberapa waktu lalu," kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, Zulfahmi, Ahad lalu (22/10/2023) dilansir cakaplah.com.

Diketahui, KPK juga menurunkan tim ahli jalan dan jembatan saat melakukan pemeriksaan flyover simpang Soekarno Hatta - Tuanku Tambusai. 

 

Sebelumnya, beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK RI, Jalan Kuningan Jakarta, Kamis lalu (9/3/2023). 

Beberapa pejabat yang dipanggil untuk dimintai keterangan di antaranya, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdaprov Riau, Rahmad Rahmadiyanto. 

Selain Rahmad, terlihat juga Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, Yunannaris. 

Kemudian, KPK juga kembali melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, masalah proyek pembangunan flyover di persimpangan Jalan Soekarno-Hatta-Tuanku Tambusai Pekanbaru ini.

 

Dari informasi yang diterima, ada puluhan orang yang diperiksa KPK. Termasuk di antaranya mantan pejabat di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Riau, dan juga pihak kontraktor.

Pemeriksaan dilakukan pihak KPK di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Riau di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Bahkan pemeriksaan sudah mulai dilakukan sejak Senin lalu (22/5/2023). 

Pemeriksaan yang dilakukan KPK juga dibenarkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Fauqi Achmad Kharir. Namun pihaknya tidak tahu detil terkait perkara yang diperiksa, dan juga siapa saja yang diperiksa. (azf)


Baca Juga