Polres Rohul Riau Diminta Tindak Tegas Para Pelaku Main Hakim Sendiri

Pasirpengaraian, Detak Indonesia-- Diduga melakukan penganiayaan dan main hakim sendiri,  beberapa oknum masyarakat Desa Bangun Purba barat Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokanhulu, Riau dilaporkan ke Mapolres Rokanhulu Jumat 1 Desember 2023.

Adapun kronologi kejadiannya berawal dari penangkapan Sirjon warga Dusun II Desa Bangun Purba barat Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokanhulu pada Rabu 29 November 2023 yang tertangkap tangan melakukan pencurian buah kelapa sawit milik Ana warga Dusun III Desa Bangun Purba barat yang tidak lain merupakan tetangga dusunnya tersebut sebanyak 9 tandan.

Setelah ditangkap warga Dusun II dan III Desa Bangun Purba barat kemudian Sirjon diikat kaki dan tangannya lalu dianiaya di muka umum oleh sejumlah warga hingga babak belur.

Irsan abang kandung Sirjon tak terima main hakim sendiri sejumlah oknum masyarakat Dusun II dan III merasa tidak terima perlakuan masyarakat Dusun II dan III Desa Bangun Purba barat terhadap adiknya yang terkesan tidak manusiawi.

 

Irsan menjelaskan bahwa adiknya tersebut memang bersalah dan tidak membenarkan kelakuan adiknya tersebut akan tetapi Irsan juga tidak terima adiknya diperilakukan tidak manusiawi dan terkesan diperilakukan seperti binatang tersebut.

"Saya tidak membela adik saya karena sudah berbuat salah akan tetapi saya juga tidak terima jika adik saya diperilakukan tidak manusiawi seperti itu. Berdasarkan informasi yang saya dapat adik saya hanya mencuri 9 tandan buah kelapa sawit akan tetapi adik saya diikat kaki dan tangannya lalu dipukuli ramai ramai dan dibakar pakai api rokok," kata Irsan.

"Tidak cuman sampai di situ adik saya juga dilemparkan ke parit dan diinjak- injak seperti binatang oleh MS, BG dan sejumlah warga sebelum akhirnya di antar ke Polres Rokanhulu. Ini negara hukum tidak seharusnya mereka main hakim sendiri seperti itu, kepada adik saya," tambahnya.

"Saya dan keluarga meminta Polres Rokanhulu menindak tegas para pelaku penganiayaan dan main hakim sendiri di muka umum terhadap adik saya sesuai undang-undang yang berlaku," ungkapnya. (ary)


Baca Juga