Mengenal Lebih Dekat Nur Habiba Ketum Kohati HMI Cabang Pekanbaru

Pekanbaru, Detak Indonesia---Nur Habiba Nasution, Perempuan Tangguh Alumni Mahasiswa UIN Suska Riau ini, lahir di Pekanbaru, 22 Oktober 1992.

Aktivis Korp HMI Wati Cabang Pekanbaru, mengenyam pendidikan Sekolah Dasar, SD Negeri 030 Pekanbaru pada tahun 2005, dan melanjutkan MTS Musthafawiyah Sumatera Utara 2008, pada sekolah yang sama Habiba panggilan akrabnya melanjutkan ke Musthafawiyah Sumatera Utara (2011).

Selesai menamatkan Madrasyah Musthafawiyah Sumut pada tahun 2011, Habiba melanjutkan pendidikan Strata 1 UIN Sultan Syarif Kasim Riau hingga tahun 2016.

Kiprahnya dan pengalaman organisasi dimulai sejak bangku sekolah pernah menjabat bendahara OSIS Musthafawiyah Sumatera Utara. Lalu Kabid Pemberdayaan Perempuan Komisariat Super (Syariah Ushuluddin Fapertapet) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru, Crew Madani Televisi UIN Suska Riau Sekretaris Bidang Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agroteknologi, anggota Bidang Sosial dan Kebudayaan. Green Agriculture Community (GAC) UIN Suska Riau, Bendahara Umum Kohati Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru, Sekretaris Umum Forum Pemuda/i Islam Kecamatan Siabu dan Malintang di Pekanbaru. 

Kemudian Formatur Kohati  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru, anggota Kaderisasi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Suska Riau.

Pengalaman kursus, Pelatihan dan Latihan Kader Tingkat I HMI Komisariat Super Cabang Pekanbaru, Latihan Kader II (Intermediet Training) Cabang Pekanbaru, Latihan Khusus Kohati (LKK) Cabang Jambi, Seminar Nasional Kewirausahaan Mahasiswa (Fapertapet Suska) 

Pelatihan Jurnalistik (Madani Televise UIN Suska) Pelatihan Manaje Mendakwah Da’i dan Da’iyah Muda Riau (Dispora Provinsi Riau), Peserta Munasko HMI. 

Pengalaman kerja tahun 2015-2016
Peneliti Hama Penyakit R & D PT. Arara Abasi Perawang Field Asisten IFC Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Habiba Terpilih sebagai Ketum Kohati HMI Cabang Pekanbaru dalam musyawarah Kohati Cabang Pekanbaru, dan menjadi Kabid Pemberdayaan Perempuan HMI Cabang Pekanbaru, wanita yang mudah senyum berparas cantik berwajah Arab ini, akan terus berjuang bersama HMI Cabang Pekanbaru dalam konteks Islam dan Kebangsaan.

 "Bagi Biba organisasi merupakan tempat mengabdi untuk umat dan bangsa serta mengasah diri untuk selalu berbuat yang terbaik untuk orang banyak, di organisasi menemukan banyak kawan dan saudara," kata Biba panggilannya.

HMI Wati harus mengambil bagian dalam aspek kehidupan ini, baik di kancah politik, dunia pendidikan, yang paling penting menjadi ibu bagi anak-anaknya apabila ia berumah tangga, peran perempuan sangat penting untuk dalam membentuk karakter anak bangsa, artinya kaum perempuan harus mampu menyesuaikan diri dan mampu bersaing secara baik mengisi pembangunan di tengah umat dan bangsa ini.

Habiba juga selalu akan berusaha menjadi terbaik untuk memimpin organisasi Kohati HMI Cabang Pekanbaru ini meskipun kesibukannya tidak membuat dia patah semangat untuk terus berkarya, ada agenda besar secara nasional yang akan dilaksakan yaitu Latihan Kader Kohati tingkat Nasional Yakin Usaha Sampai," ujar Biba sambil menutup pembicaraan di hadapan media. (adifa)


Baca Juga