Habaib, Ulama dan Ribuan Masyarakat Hadiri Siak Bershalawat

Oleh: Adifa, Jurnalis Detak Indonesia

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia--Dalam rangka memperingati wafatnya Sultan Syarif Kasim II (Mangkat) yang ditaja oleh Resam Kekerabatan Kerajaan Siak beserta masyarakat Siak berlangsung penuh dengan kemeriahan. Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Siak Bermadah, tepatnya di depan Istana Siak, Kota Kabupaten Siak, Minggu (22/4/2018)

Said Muzani salah satu panitia penyelenggara menjelaskan kepada Detak Indonesia, bahwa Haul Akbar Kesultanan Siak  2018 ini bertema Siak Bershalawat bersama para Habaib dan Ulama yang dihadiri Habib Muchsin Alatas, Habib Alidin Assegaf, Habib Anis Syahab, Habib Musthofa Al Hamid, Tuangku Syeh Muhammad Ali Hannafiya Arabbani, dari Jakarta.

"Kemudian Siak Bershalawat juga dihadiri langsung Pangeran Said Yusuf Bin Said Nasir dari Jiran Malaysia, Raja Kubu Syarif Zulfi Bin Ismail Alaydrus beserta Pangeran Kubu Syarif Ibrahim dari Kalimantan Barat, dalam rangka Haul Akbar Kesultanan Siak 2018," pungkasnya.

Dari liputan awak media Detak Indonesia selama kegiatan berlangsung, berbagai rangkaian kegiatan Mangkat Sultan Syarif Kasim II para Habaib dan Ulama serta masyarakat melakukan Ziarah ke Makam Sultan Raja Kecik di Langkai, Makam Tengku Buang Asmara di Mempura. Kemudian pada malam harinya melaksanakan Shalawat bersama para Habaib dan Ulama, pada Sabtu (21/4/2018).

Tidak sampai disitu saja, pada malam harinya, saat kehadiran Plt Bupati Siak Drs H Elfedri MSi mengucapkan selamat datang kepada para Habaib dan Ulama berharap, selama kegiatan Siak Bershalawat Tahun 2018 dalam rangka memperingati Mangkatnya Sultan Syarif Kasim II bisa berjalan dengan sukses.

Minggu pagi (22/4/2018) para Habaib dan Ulama beserta masyarakat Se-Kabupaten Siak melanjutkan kegiatan Salat Subuh berjamaah di Masjid Syahbudin salah satu masjid bersejarah yang ada di Kota Siak Sri Indrapura ibukota Kabupaten Siak, Riau.

Puncak dari kegiatan Siak Bershalawat 2018 tersebut, dilanjutkan dengan Ziarah ke Makam Koto Tinggi, Ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II dan dilanjutkan Tausiah bersama para Habaib dan Ulama, yang saat ini kegiatan masih berlangsung.

Dari penjelasan Kapolres Siak melalui Waka Polres Siak Kompol Abdullah Hariri Kepada awak media Detak Indonesia, kegiatan Siak Bershalawat 2018 ini, Polres Siak menurunkan personel gabungan sebanyak 50 orang, guna pengamanan selama acara Siak Bershalawat berlangsung. 

"Untuk antisipasi ribuan pengunjung yang datang, baik masyarakat lokal Kabupaten Siak maupun dari kabupaten tetangga, kita juga fungsikan personel Satlantas di setiap titik jalan yang menuju arah lokasi kegiatan," jelasnya.

"Kemudian jalan di seputaran Istana Siak, akan kita berlakukan rekayasa lalu lintas yaitu sistem satu arah, agar antisipasi kemacaten bisa diatasi, dengan harapan selama acara Siak Bershalawat 2018 berlangsung bisa berjalan sukses," tutup Kompol Abdullah Hariri.(***)


Baca Juga