Polres Pelalawan Gelar Lat Pra Ops Patuh Muara Takus 2018

Pangkalankerinci, Detak Indonesia--Dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan, keterampilan setiap anggota atau satuan operasional yang terlibat dalam Operasi Kepolisian Terpusat “Patuh Muara Takus 2018” di wilayah hukum Polres Pelalawan, Riau,  Senin siang (24/4/2018) Polres Pelalawan menggelar Lat Pra Ops Patuh Muara Takus 2018 di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan di Kota Pangkalankerinci, Riau. 

Adapun yang hadir saat Lat Pra Ops Patuh Muara Takus  2018 tersebut berlangsung, para Pejabat Utama Polres Pelalawan, para Perwira serta anggota yang terlibat dalam Operasi Patuh Muara Takus 2018 di wilayah hukum Polres Pelalawan sebanyak 60 orang personel.

Kegiatan Lat Pra Ops Polres Pelalawan dibuka langsung Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK. Dalam penyampaian Kapolres Pelalawan, dijelaskan bahwa pelaksanaan Operasi Patuh agar betul-betul dilaksanakan sesuai fungsi dan peran masing-masing Satgas.

Kapolres Pelalawan menekankan, saat kegiatan dilaksanakan nantinya harus bersinergi antar Satuan Fungsi sehingga mampu menghasilkan hasil yang lebih optimal dan terukur. Perlu digarisbawahi adalah, hasil dari Operasi Patuh Muara Takus Polres Pelalawan, yakni terwujudnya situasi Kamseltibcar Lantas yang kondusif serta meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas sehingga angka Laka Lantas dan pelanggaran menurun, dan diharapkan masyarakat dapat menjadi pelopor keselamatan dan ketertiban dalam berlalulintas di jalan.

"Pelaksanaan  Lat Pra Ops ini juga  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan penjabaran tugas masing-masing personel yang terlibat dalam Ops Keselamatan Muara Takus 2018," pungkas Kapolres Pelalawan.

Usai Kapolres Pelalawan menyampaikan kata sambutannya, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Kabag Ops Kompol Edi Munawar selaku Ka Rendal Ops pada Operasi Patuh Muara Takus -2018 yang menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan operasi yang meliputi tujuan, sasaran, target, cara bertindak, pelibatan personel, tugas satgas, dukungan anggaran dan hal-hal lain terkait operasi. 

"Operasi Patuh dilaksanakan serentak, berlangsung selama 15 hari yang dimulai dari tanggal 26 April 2018  sampai 10 Mei 2018," papar Kompol Edi Munawar.

Kabag Ops juga menjelaskan bahwa  tujuan dilaksanakannya Operasi Patuh Muara Takus 2018 Ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas sehingga terwujudnya Kamseltibcar Lantas.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh Kasat Lantas AKP Mas'ud Ahmad selaku Kasat Ops Patuh Muara Takus 2018 Pelalawan yang dalam paparannya, AKP Mas'ud mengingatkan kepada personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Patuh, agar lebih hati-hati dalam pelaksanaan tugas di lapangan, lakukan langkah-langkah sesuai SOP, sehingga apabila ada permasalahan di lapangan dapat dipertanggungjawabkan, selama pelaksanaan operasi utamakan senyum, sapa dan salam (3S) serta lakukan penegakan hukum sesuai prosedur.

"Kepada personel yang terlibat untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang di luar prosedur, lakukan kegiatan dengan humanis dan santun serta ikhlas,” tuturnya.

Pantauan awak media Detak Indonesia, Latihan Pra Operasi Patuh Muara Takus tersebut diadakan selama dua hari, yang  berlangsung pada 24 dan 25  April 2018.(Adifa) 


Baca Juga