Warga Sei Banggar Bangun Pos Bhabinkamtibmas

Rengat, Detak Indonesia--Rasa aman dan nyaman hingga merasa terayomi sangat dibutuhkan oleh masyarakat Dusun Sei Banggar Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Inhu, Riau. Dengan demikian warga membutuhkan personel pengamanan yang dapat dan dekat berhubungan langsung dengan warga.

Atas inisiatif dan hasil musyawarah masyarakat Sei Banggar, yang mengkonsultasikannya dengan Kapolsek Seberida, Lurah Pangkalan Kasai hingga Camat Seberida, untuk berdirinya Pos Bhabinkamtibmas di Sei Banggar yang kini laju perkembangan wilayahnya sangat pesat, telah disetujui oleh Kapolres Inhu dalam bantuan pembangunan Pos Bhabinkamtibmas guna mengantisipasi keamanan di kawasan itu.

Pemilik lahan yang menghibahkan lokasi tanahnya untuk pembangunan Pos Bhabinkamtibmas Sei Banggar, Jamalan Halimi (Lonjong) bersama Kepala Lingkungan Dusun Sei Banggar, Suhendrizal, SPd MSi mengatakan, lahan yang dihibahkannya ada sekitar 6 x 40 m, dan bersama-sama dengan masyarakat tempatan berhasil membangun bangunan Pos Bhabinkamtaibmas itu dengan ukuran 6 x 20 m.

Menurut Lonjong, atas musyawarah masyarakat Dusun Sei Banggar bersama Kepala Lingkungannya, Suhendrizal, merasa perlu berdirinya Pos Bhabinkamtibmas agar segala kejadian dan permasalahan pelanggaran hukum dapat teratasi dengan waktu yang tidak terlalu lama, terlebih pelanggaran hukum itu terjadi sifatnya tiba tiba, meski tidak tertutup kemungkinan ada juga yang direncanakan.

Untuk mengatasi hal-hal yang dimungkinkan bisa saja terjadi kapan saja di wilayah Simpang PT KAT yang kini laju perkembangan penduduknya semakin hari bertambah padat dan ramai, sehingga bisa saja terjadi pelanggaran hukum apapun itu bentuk dan jenisnya.

Bangunan Pos Bhabinkamtibmas di Sei Banggar ini memang murni atas inisiatif dan kerjasama warga tempatan, setelah selesai dibangun sebagaimana yang saksikan saat ini, masyarakat menyerahkannya kepada Polisi untuk dapat digunakan dalam melaksanakan pelayanan masyarakat tentunya.

Camat Seberida, Wisnu Subroto kepada awak media ini mengatakan, keberadaan Pos Bhabinkamtibmas dirasa perlu dan memang dibutuhkan oleh masyarakat disana, artinya dengan adanya Pos Bhambinkamtibmas di Sei Banggar yang sudah ramai itu, tentu ada berdomisilisinya Kepala Pos Bhambinkamtibmas (Personil Polisi) di Pos tersebut, sehingga Kamtibmas di kawasan itu bisa terjaga dengan baik tentunya.

Pembangunan Pos Bhabinkamtibmas hingga penyediaan lahannya memang atas inisiatif masyarakat tempatan, artinya keberadaan Pos Bhabinkamtibmas di kawasan itu sangat dibutuhkan masyarakat disana, pesatnya pembangunan di kawasan Sei Banggar membuat tingginya angka tindak kriminalitas, dengan demikian dibutruhkan personel Polri yang duduk menetap di daerah itu.

Kapolsek Seberida, Kompol Karlos S kepada awak media ini Selasa (15/5/2018) menyebutkan, dia baru saja meresmikan pemakaian gedung Pos Bhabinkamtibmas di Sei Banggar dan menunjuk Aipda Nanda sebagai Kepala Pos Bhabinkamtibmas di Sei Banggar itu.

Tingkat kepedulian sadar hukum di kawasan itu memang cukup tinggi, sehingga masyarakat disana dengan kekompakannya bergotongroyong untuk membangun Pos Bhabinkamtibmas, hingga menyerahkan/menghibahkan lahannya untuk bangunan Pos Bhabinkamtibmas Sei Banggar itu, dan setelah usai dibangun diserahkan mereka kepada Polisi dalam hal ini Polsek Seberida.

Menurut Kapolsek Karlos, meski tingkat pelanggaran hukum tidak begitu menonjol di kawasan itu, namun perlu juga mengantisipasi sebelum tindak kriminal itu terjadi, sehingga bisa membuat masyarakat disana menjadi kondusif, aman dan nyaman, tutup Karlos. (zp)


Baca Juga