Awal Ramadan Pelabuhan Pekanbaru Sepi Penumpang

PEKANBARU,Detak Indonesia - Kondisi pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada hari pertama bulan Ramadhan masih terlihat sepi dan belum menunjukkan adanya aktifitas yang berarti.

"Sampai saat ini jumlah pengguna kapal cepat di Pelabuhan sungai Duku masih sepi," ujar Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pelabuhan Sungai Duku Joniansyah, Kamis.

Joniansyah menuturkan bahwa kondisi tersebut memang seolah sudah menjadi tradisi tiap tahunnya. Dimana pada pekan pertama bulan Ramadhan, angka pengunjung di pelabuhan tersebut masih rendah. Dijelaskannya kemudian bahwa peningkatan tersebut justru baru akan terjadi pada pekan ketiga bulan Ramadhan atau mendekati Idul Fitri.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa dalam satu hari terdapat tiga kali keberangkatan kapal tujuan Selat Panjang Kabupaten Meranti. Untuk satu kali keberangkatan para penumpang harus membayar tiket sebesar Rp160.000. Harga ini diungkapkan Joniansyah bahkan masih sama dengan harga tahun kemarin.

"Entah apa penyebab sepinya pengguna armada air ini," keluhnya.

Joniansyah menambahkan bahwa sepinya pengguna jasa transportasi air tersebut lebih dikarenakan kondisi ekonomi masyarakat yang terus melemah. Pasalnya menurut data yang dimiliki pihaknya menyatakan bahwa harga tiket bahkan tidak ada kenaikan sama sekali.


Baca Juga