Arus Mudik di Lintas Barat Pekanbaru Membludak

Pekanbaru, Detak Indonesiia--Geliat arus mudik Idul Fitri 1439 H tahun 2018 ini di Kota Pekanbaru Riau, sepekan jelang lebaran cukup luar biasa baik di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru maupun di lintas barat menuju Provinsi Sumatera Barat. 

Kemacetan arus lalu lintas di malam hari terpantau di Jalan HR Soebrantas Km 11,5 Panam di simpang Tobek Godang Panam Pekanbaru, Riau Selasa malam (12/6/2018). Di kawasan ini kendaraan mengular dari simpang Pasar Pagi Arengka himgga ke Simpangpanam. 

Bus yang mudik melintas di Jalan HR Soebrantas Panam Pekanbaru

Pasar Jongkok Purwodadi di Km 10,5 Panam Pekanbaru yang kembali pedagangnya menggelar dagangan dan panen besar jelang ldul Fitri 1439 H ini turut andil parkir motornya mengundang macet karena memakan bahu jalan.

Kendaraan pribadi yang mudik juga nampak membawa barang di atas atap kendaraannya.  Demikian juga bus umum nampak bergerak ke arah Sumbar dengan barang di atas atap bus tersebut. 

Siang hari kawasan Panam tidak terlalu macet.  Justru macet nampak di depan Plaza Sukaramai di Jalan Sudirman Pekanbaru karena parkir motor sampai tiga lapis memakan badan jalan.  Kendaraan yang melintas di sini padat merayap. 

Polisi patroli di simpang Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Sudirman Pekanbaru

Kemacetan juga terjadi di malam hari di Pasar Mako TNI AU/koperasi di Jalan Pepaya simpang Jalan Mangga Pekanbaru kemacetan juga disebabkan parkir motor yang memakan bahu jalan. 

Dalam liputan Idul Fitri 1439 H tahun 2018 ini sejumlah bank nampak mendapat pengamanan oleh petugas patroli polisi bersepeda motor antara lain di Kantor Cabang Utama Bank BRI Jalan Sudirman dekat Pasar Sukaramai Pekanbaru. 

Di simpang Jalan HOS Cokroaminoto dengan Jalan Sudirman Pekanbaru nampak juga petugas polisi bersenjata lengkap berjaga-jaga siaga.  Mereka patroli dengan sepeda motor sampai masuk ke dalam keramaian pasar. 

Polisi patroli di Bank BRI Jalan Sudirman Pekanbaru

Sementara di sejumlah pasar dan toko pakaian jadi sejumlah warga yang akan merayakan Idul Fitri nampak membludak mencari dan membeli pakaian, sepatu untuk hari raya. Dan sejumlah rumah ibadah juga sudah ramai menerima zakat Fitrah untuk anak yatim piatu sejak sepekan lalu. (azf)


Baca Juga