Dokter Paparkan Waktu Terbaik Gunakan Deodoran

JAKARTA, Detak Indonesia - Banyak orang mengandalkan deodoran dan antiperspirant untuk tetap segar sepanjang hari. Produk yang biasanya berupa roll-on dan penyemprot itu diyakini melindungi dari noda atau bau memalukan.

Namun, bisa jadi selama ini tidak banyak yang tahu kapan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan deodoran. Menurut dokter Dawn Harper dari Inggris, waktu pemakaian yang paling efektif bukan di pagi hari setelah mandi.

Harper mengatakan, deodoran dan antiperspirant sebaiknya dipakai di malam hari. Pasalnya, zat di dalam deodoran digunakan untuk mengeringkan ketiak dan pemakaian di malam hari memungkinkan ketiak kering sepenuhnya.

"Biarkan semalam lalu bersihkan sisa-sisanya di pagi hari dengan sabun dan air," ujar perempuan yang dikenal setelah mengisi program TV "Embarrassing Bodies" di jaringan Channel 4 itu.

Dia menjelaskan, deodoran sebaiknya dipakai saat kulit ketiak benar-benar sedang kering. Setelah dioleskan atau disemprot, penting juga untuk memastikan deodoran mengering sebelum melanjutkan dengan aktivitas lain.(DI)


Baca Juga