Pemda Karo Terus Benahi Sarana Prasarana Olahraga

Kabanjahe, Detak Indonesia--Pemda Karo Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana olahraga terus eksis dan berbenah, supaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan atlet betapa pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan.

Selain kesehatan, bagi para atlet dapat menggunakan sarana yang ada, untuk terus berlatih dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi. 

Atas kepedulian itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH pada 2019 telah membuat terobosan program pengembangan sarana Lapangan Samura agar lebih baik dari sebelumnya.

Demikian dikatakannya, belum lama ini saat meninjau perbaikan dan penambahan pembangunan sarana olahraga di Lapangan Samura.

Penambahan fasilitas sarana itu, menurut Terkelin berupa lapangan bola voli sebanyak dua lapangan, dan lapangan bola basket satu, semua ini mengedukasi semangat para masyarakat dan atlet jika berolahraga tentu sudah ada pilihan dibanding selama ini lapangan tersebut hanya bisa dipakai untuk berlari dan sepak bola. 

"Sekarang Lapangan Samura telah menjadi tambah luas, sebab tembok yang pertama sudah digeser ke tanah milik Pemkab yang sebelumnya sisa ada sekitar 5 meter, telah dimanfaatkan kembali dengan pemasangan pemagaran tembok sesuai aset Pemda Karo yang tercatat. Ini juga menjaga aset Pemkab Karo batas batas pagar Pemkab Karo dengan tembok supaya tidak ada masalah antara masyarakat dengan Pemda di kemudian hari," ucap Bupati.

Lebih lanjut dikatakannya, ke depan Lapangan Samura akan terus dibenahi, walupun tahu masih minimnya sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan atlet untuk tempat bermain dan berlatih. Tapi minimal apa yang ada sudah terbantu seperti pertandingan bola voli bisa dipakai untuk kegiatan iven selanjutnya di tahun 2020. 

"Mudah-mudahan secara bertahap, Pemda Karo melalui Dispora nantinya akan mengupayakan membangun dan menyediakan fasilitas sesuai tuntutan dan harapan masyarakat dan atlet ke depannya," imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris KONI Kabupaten Karo Drs Ramon Sinuhaji mengemukakan bahwa apa yang dilakukan oleh Pemda Karo sudah amat baik, dalam arti kata selain perluasan Lapangan Samura, aset Pemda Karo akan terjaga dan tidak bisa disalahgunakan oleh pihak pihak tertentu.

"Begitu juga, lapangan bola voli dan lapangan basket yang sebelumnya telah direncanakan, akhirnya sekarang tercapai biarpun dalam tahap pembangunan, tapi jangan asal jadi, asal sudah berbentuk saja, jika sudah terpenuhi KONI Kabupaten Karo, sangat mengapresiasi sebab selama ini  tahu Lapangan Samura hanya ada fasilitas sepak bola dan tempat atletik cabor lari. Tentu adanya penambahan fasilitas ini akan menggugah masyarakat dapat berolah raga main bola voli dan basket," katanya.(stm)


Baca Juga