Jalan ke Rumah Pasien Positif Covid-19 di Pandau Ditutup Warga

Siakhulu, Detak Indonesia--Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Riau, Tony Hidayat SE meninjau Posko Relawan Covid-19 di Kantor Desa Pandau Jaya Kecamatan Siakhulu,  Kampar, Riau, Sabtu (11/4/2020).

Beliau disambut Kades Pandau Jaya Firdaus Roza, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  Pandau Jaya Yanuardi,  sejumlah Kepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT, dan petugas Puskesmas Siakhulu 1 Jusniarti dan jajaran. 

Wakil Ketua DPRD Kampar Riau Tony Hidayat SE (kiri) diterima Kades Pandau Jaya Firdaus Roza (kanan) di Posko Relawan Covid-19 di Kantor Desa Pandau Jaya

Wakil Ketua DPRD Kampar Riau Tony Hidayat SE turun ke lapangan sehubungan mendapat laporan dari warga setempat karena banyak warga Pandau Jaya risau dan cemas ada warga Pandau Jaya perempuan yang meninggal dunia status Pasien Dalam Pantauan (PDP) dan satu lagi positif Corona virus diasese (Covid-19). Sementara jalan masuk ke rumah pasien Covid-19, ada 3 blok perumahan yang ditutup warga dengan kayu sehingga warga dan kendaraan tak bisa masuk. Warga merasa risau dan cemas kondisi tersebut. 

Untuk itu Tony Hidayat SE sekaligus meminta warga untuk tidak terlalu risau berlebihan,  tidak memblokir jalan komplek Perumnas Pandau Jaya. Warga diminta mematuhi aturan Pemerintah membatasi diri keluar rumah, pakai masker, jaga kebersihan, cuci tangan, menjaga jarak sesamanya, baik social distancing maupun phisical diatancing. 

Wakil Ketua DPRD Kampar Riau Tony Hidayat SE beri keterangan pers

Tony juga ingin mengetahui apakah kawasan Perumnas Pandau Jaya sekitarnya ini statusnya merah, orange, atau kuning. Apakah statusnya harus diumumkan oleh Gubernur Riau. Makanya kondisi saat ini yang tak jelas membuat Tony Hidayat terpanggil untuk turun ke lapangan guna berkoordinasi dengan perangkat Kades dan petugas kesehatan. Lagi pula warga lainnya sudah cemas mendengar informasi simpangsiur. 

Kades Pandau Jaya Firdaus Roza saat menerima kunjungan Wakil Ketua DPRD Kampar Riau Tony Hidayat SE menjelaskan di Pandau Jaya ada 1 warga PDP Covid-19 yang meninggal dunia. Firdaus menjelaskan pihaknya dan benerapa warga lainnya turut memakamkan warga yang meninggal tersebut. Sementara satu warga Pandau lainnya positif Covid-19 sekarang dirawat di RS Santa Maria Pekanbaru. 

Pimpinan Puskesmas Siakhulu 1 diwakili Jusniati menjelaskan status di Perumnas Pandau ini kuning, artinya dalam pantauan dan pengawasan pihak kesehatan. Warga Perumnas Pandau Jaya  positif Covid-19 kini ada satu seorang perempuan kini dirawat di RS Santa Maria Pekanbaru sudah sehat tapi belum pulang. 

"Riwayat perjalanan pasien positif Covid-19 dari Perumnas Pandau yang dirawat di RS Santara Maria Pekanbaru ini sebelum terjangkit dia pada 8 Maret 2020 dia ke Taman Wisata Alam Mayang Pekanbaru mendampingi anaknya peserta lomba seni. Lalu 12 Maret 2020 ke Taman Budaya ada lomba juga di situ.  Lalu ke Jalan Pandan catering disinilah dia merasa lelah lalu berobat ke dr Fincen, lalu berlanjut berobat ke RS Ibnu Sina Jalan Melati Pekanbaru dan terakhir dirawat di RS Santa Maria sampai sekarang dia sembuh tapi belum pulang," jelas petugas Puskesmas Siakhulu 1 Jusniarti. 

Ditambahkan ada sekitar 160 orang akan di rapid test orang-orang di kawasan Siakhulu1 terutama orang-orang yang dekat dengan pasien positif Covid-19 tersebut. 

Di Desa Tanahmerah Siakhulu Kampar kata Jusniarti ada 32 ODP dan PDP tiga orang,  di Pandau Jaya Siakhulu 3 PDP. (azf) 


Baca Juga