UNRI Berkolaborasi bersama Satgas Kelurahanan Tanah Datar Cegah Penyebaran Covid-19

Pekanbaru, Detak Indonesia--Mahasiswa Universitas Riau ikut serta dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dengan membentuk Tim Relawan Desa Lawan Covid-19. Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 UNRI merupakan salah satu program kuliah kerja nyata (Kukerta) yang diusung oleh Universitas Riau sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Tim relawan ini bekerja sama dengan satuan tugas (satgas) tanggap covid-19 Kelurahan Tanah Datar, Kecamatan Pekanbaru Kota, Pekanbaru. 
Tim yang diketuai oleh Ananda Muhammad Arbick (Pertanian 2017) dan beranggotakan 9 orang ini telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 15 hari. Kegiatan dimulai dari penyemprotan disinfektan dan imbauan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) di tempat-tempat umum dan sekitar rumah warga Kelurahan Tanah Datar.

Dok. Edukasi New Normal kepada masyarakat (Door to door)

Ada beberapa titik penyemprotan disinfektan dan imbauan PHBS yang dilakukan. Penyemprotan disinfektan dan imbauan PHBS dilaksanakan pada 12 Juli 2020.

“Penyemprotan dimulai dari kawasan RW 01 hingga RW 07 yang merupakan kawasan padat penduduk," ujar Arbick selaku Ketua Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 kepada Detakindonesia.com saat kegiatan berlangsung. 

"Kami berharap dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan Kelurahan Tanah Datar dan imbauan PHBS ini masyarakat dapat menjalankan imbauan tersebut dan semoga terhindar dari ancaman Covid-19," jelasnya. 

Tim Relawan Covid-19 UNRI kembali ikut andil dalam kegiatan penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Provinsi Riau kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tanah Datar Jalan Muslimin. Kegiatan ini juga dinilai sangat membantu masyarakat yang terkena dampak ekonomi dari pandemik Covid-19 ini, dalam proses penyaluran bansos tersebut diterima lebih kurang 206 KK. 

“Dengan ikut sertanya kami dalam kegiatan ini, kami berharap dapat memudahkan perangkat desa dalam pendistribusian bansos kepada masyarakat," ujar Ketua tim relawan desa lawan Covid-19.

Tatanan kehidupan normal yang baru (New Normal) merupakan suatu usaha dalam menerapkan kebiasaan dan perilaku yang berbasis pada aturan kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Artinya masyarakat tetap bisa melaksanakan kegiatan secara normal seperti biasa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. 

Sebagai usaha mendukung program New Normal ini, tim relawan desa lawan Covid-19 bersama Pak Lurah beserta Satgas Kelurahan Tanah Datar melakukan edukasi new normal kepada masyarakat dengan cara door to door agar masyarakat bisa mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat menerapkan aturan baru ini demi memutus rantai penyebaran covid-19. Tidak hanya itu, tim relawan ini juga telah membagikan masker dan susu kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. 

Kegiatan kerelawanan ini diharapkan dapat membantu satgas Kelurahan Tanah Datar dalam mengedukasi masyarakat untuk tidak panik terhadap Covid-19. Namun, tetap waspada dengan cara melakukan berbagai cara pencegahan.

Saat dilakukan wawancara oleh Detakindonesia, Tim Relawan Desa Lawan Covid-19 UNRI mengaku siap membantu Kelurahan Tanah Datar dalam berbagai kegiatan lainnya meskipun secara admnistrasi kegaiatan Relawan ini telah berakhir. (*/di) 


Baca Juga