Di Tanah Karo 52 Terkonfirmasi Covid-19

Kabanjahe, Detak Indonesia--Di Tanah Karo, Sumatera Utara tercatat sebanyak 52 orang terkonfirmasi positif covid-19 dan pasien meninggal berjumlah 6 (enam) orang. Sesuai update laporan media canter satuan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Karo, Selasa (28/07/2020).

Walau mengalami kenaikan jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 yang signifikan, terkait kesiapan dan kelengkapan fasilitas di ruang isolasi yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe, yang berada di Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, terpantau masih terbengkalai dan hingga hari ini masih belum layak dan belum dapat dioprasikan.

Pasalnya, ruang isolasi (penambahan) yang direncanakan untuk menampung pasien covid -19 yang ada di depan kamar jenazah RS Umum Kabanjahe tersebut, hingga saat ini  belum sepenuhnya terlengkapi. Seperti alat ventilator  mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan seseorang, belum juga ada terlihat di ruangan tersebut. 

Padahal alat ini sangat penting sesuai yang dianjurkan Kemenkes RI bahwa di setiap Rumah Sakit yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan pasien covid-19 harus sudah memiliki alat ventilator.

Biasanya alat ini digunakan terhadap pasien yang sulit bernapas sendiri dan dengan alat ini pasien bisa mendapatkan udara kembali dan bernapas seperti orang normal. Bahkan alat central oksigen yang ada dibagian samping luar ruang isolasi  pada bagian selang oksigen maupun kabelnya juga belum tersambung dan masih belum dapat difungsikan.  

Untuk mengetahui, kendala apa yang dihadapi sehingga kelengkapan peralatan yang dimaksud belum juga terpasang dan belum diselesaikan pengerjaannya, ketika awak media mencoba menanyakan prihal tersebut kepada Humas Rumah Sakit Umum Daerah kabanjahe Tati Anggraini SKM melalui pesan singkat watshaap  miliknya, namun hingga berita ini di kirim ke meja redaktur, pihaknya belum juga memberikan jawaban pasti.

Dan saat awak media mencoba menemui di ruang kerja humas RS Umum Kabanjahe Tati Anggreini SKM tidak ada di tempat. Dihubungi melalui sambungan telphone dirinya mengatakan: “Saya sudah pulang pak,” jawabnya singkat mengakhiri pembicaraan. (Stm)


Baca Juga