Lagi, Tiga Puskesmas di Kampar Riau Ditutup

Bangkinang, Detak Indonesia--Temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada tenaga kesehatan (Nakes), tiga Puskesmas di Kabupaten Kampar ditutup lagi, hingga sepekan lebih mendatang.

Ketiga Puskesmas yang ditutup pelayanannya sementara ialah Puskesmas XIII Koto Kampar I, Puskesmas Siak Hulu III dan Puskesmas Kampar. 

Sebelumnya, Puskesmas Bangkinang Kota, Puskesmas Kampar Kiri, Puskesmas Kampar Utara dan Puskesmas Tapung Hilir II yang sebelumnya juga ditutup karena Nakes positif Covid-19, kini kembali dibuka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Riau Dedy Sambudi SKM MKes mengonfirmasi ada lima orang Nakes yang masing-masing bekerja di tiga puskesmas terkonfirmasi positif Covid-19.

"Atas kejadian ini semua nakes dan non-nakes di tiga Puskesmas yang terdampak covid-19 itu dilakukan test swab dan isolasi mandiri dahulu sambil menunggu hasil swab PCR-nya," ucapnya, Kamis (3/9/2020).

Tidak perlu takut kepada Nakes yang sedang menjalani isolasi, tindakan ini merupakan langkah preventif Pemda Kampar untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Kampar.

Dedy mengatakan pihaknya masih menelusuri sumber penularan Covid-19 terhadap nakes di Puskesmas tersebut. Saat ini, tim Surveilans terus berupaya melakukan pelacakan siapa saja yang melakukan kontak erat dengan Nakes yang terpapar covid-19 itu.

"Kita sedang mengalami lonjakan kasus yang cukup tinggi di Kabupaten Kampar yang tidak boleh kita sikapi dengan main-main,” tuturnya.

Disampaikan, dengan ditutupnya layanan kesehatan di tiga Puskesmas ini, maka pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat. (rls/lan)


Baca Juga