Berkas Pasangan Cory - Theo Dinyatakan Lengkap

Kabanjahe, Detak Indonesia--Pasangan bakal calon (bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Karo, Sumut Cory Sriwaty br Sebayang - Theopilus Ginting secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo Sumut pada hari kedua, Sabtu (5/9/2020). Pasangan bacalon didampingi masing-masing pimpinan partai politik (parpol) pengusung.

Hasil pengamatan Detak Indonesia di lapangan, pasangan yang diusung Partai Gerindra dan Partai Perindo ini, tiba di KPU Karo bersama rombongan pukul 15.30 WIB. Mereka di arak para simpatisan dari Ikatan Pemuda Karya (IPK), Laskar Merah Putih (LMP), GP Ansor, Banser NU, Pospera, Gerakan Milenial Pendukung Cory Sebayang (Gemilang), dan Perkumpulan Lansia Kabupaten Karo.

Pasangan Cory - Theo disambut oleh Ketua KPU Karo Gemar Tarigan ST didampingi anggota. Atas kedisplinan protokoler kesehatan Covid-19, Cory - Theo nampak mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan melakukan registrasi pendaftaran. Keduanya kemudian melakukan pendaftaran dan menyerahkan berkas pencalonan.

Dalam kesempatan ini, dilaksanakan pemeriksaan kelengkapan berkas oleh KPU Karo. Proses berlangsung selama sekitar satu setengah jam. Setelah dokumen dinyatakan lengkap, bacalon menandatangani dan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Karo, disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Karo Eva Juliani br Tarigan SH serta Bawaslu Sumut.

Dalam keterangan Persnya, Cory menyampaikan bahwa pihaknya mengusung slogan Karo Maju, Indonesia Maju. Dalam visi misinya, pihaknya akan melakukan pembenahan di beberapa bidang, terkhusus untuk sektor pertanian. Hal ini, kata dia, untuk memperbaiki ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Karo.

"Pemimpin itu harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Pemimpin harus memikirkan kesejahteraan rakyatnya. Bagaimana caranya? Penduduk Karo hampir 70 persen bertani. Misalnya, bagaimana cara agar petani tahu soal harga sebelum menanam supaya tidak merugi. Ini tentu menjadi pekerjaan kita ke depan," jelas Cory.

Untuk bidang pendidikan, pelajar di Karo harus dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Menurutnya, lakukan pembinaan sekolah-sekolah lanjutan atas, agar para siswa dapat dipastikan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. 

"Di sektor pariwisata, kita akan mengembangkan destinasi wisata yang ada di pedesaan. Ini yang akan kita selesaikan," kata dia.

Cory juga mengungkapkan alasan dirinya memilih kalangan muda Theopilus Ginting sebagai pendamping dalam perhelatan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang. Ia menilai, sosok Theo merupakan pribadi yang luar biasa dan telah teruji dalam kiprahnya membakar semangat milenial di bidang olahraga sepak bola.

"Kita melihat, saat ini banyak kalangan muda yang terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. Inilah yang saya harapkan dari beliau ke depannya untuk dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan kalangan milenial guna terhindar dari penyalahgunaan narkoba," pungkasnya.

Theopilus Ginting menambahkan, atas terpilihnya dirinya sebagai bacalon Wakil Bupati Karo mendampingi Cory, ia meyakini kaum milenial Karo memiliki kreativitas. Ia mengharapkan, milenial Karo dapat memberi masukan-masukan untuk pengembangan potensi-potensi generasi muda Karo bersama ke depannya. 

"Itu sudah terbukti saat penyelenggaraan perhelatan sepak bola yang mengusung tim Karo United. Di mana, Karo United masuk 16 besar nasional. Saya yakin masih banyak potensi-potensi pada teman-teman milenial Karo yang akan kita laksanakan bersama. Dengan demikian, kita bisa mengikis tingkat penyalahgunaan narkoba," pungkas Theo.

Sementara, Ketua KPU Karo Gemar Tarigan ST menyatakan berkas dan persyaratan pencalonan pasangan Cory Sriwaty Sebayang - Theopilus Ginting, lengkap dan memenuhi syarat.

"Selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas pencalonan. Surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan dan psikotes pasangan calon akan diberikan KPU Karo," jelas Gemar. (stm)


Baca Juga