Enam Desa di Kabupaten Kampar Akan Diberlakukan PSBM

Bangkinang, Detak Indonesia-- Berdasarkan instruksi Gubernur Riau nomor 247/INS/2020 tentang Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), hal ini dilakukan merupakan dalam upaya pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease Covid19.

Dengan meningkatnya bahkan di setiap hari Kabupaten Kampar Riau selalu mengalami penambahan pasien terkonfirmasi. Dengan demikian dinilai saat ini Kampar sedang kondisi zona meprihatinkan dalam pandemi covid-19. 

Teruntuk pada tanggal 1 Oktober 2020 nantinya akan ada 6 desa  dari 3 kecamatan ini akan segera didirikan posko siaga covid-19 dengan langsung memberlakukan PSBM karena besarnya peningkatan yang signifikan dari daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH yang diwakili Sekdakab Kampar Drs Yusri MSi saat membuka rapat koordinasi persiapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar Bangkinang Kota, pada Selasa (29/9/20).

Yusri menjelaskan bahwa kecamatan pertama yang akan didirikan posko dan berlakukan PSBM adalah Kecamatan Siak Hulu yang meliputi 3 desanya yakni Tanah Merah poskonya di kantor Desa, Desa Pandau Jaya di kantor desa, Desa Kubang Jaya di komplek masjid Raya. 

Selanjutnya di Kecamatan Tambang meliputi dua desa yakni Desa Rimbo Panjang di kantor desa dan Desa Tarai Bangun di halaman masjid Darul Hikmah jalan Suka Karya. Terakhir di Kecamatan Tapung yakni hanya di Desa Karya Indah di halaman kantor Desa Jalan Garuda Sakti Km 6.

Rapat yang dihadiri Camat, Kades, Kapolsek di wilayah tiga kecamatan tersebut dilanjutkan Asisten II Suhermi. Suhermi menambahkan bahwa pemberlakuan PSBM akan dlakukan di seluruh wilayah Kabupaten Kampar, akan tetapi khusus di enam desa tersebut penerapan ini akan lebih diperketat dengan dilengkapi posko-posko.

Dilanjutkan Suhermi, bahwa PSBM dijadwalkan akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan mulai 1 hingga 14 Oktober 2020. Di setiap posko seperti biasa akan dilakukan dua sip setiap harinya, dalam posko tediri personel dari tenaga Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Dinas Pehubungan, TNI dan Polri.(lan)


Baca Juga