Sukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional, APPI Siap menjadi Mitra Pemerintah dan Swasta

Pekanbaru, Detak Indonesia --  Ketua Umum DPP APPI Alexander Pranoto dan Ketua DPD APPI Riau Romi bersama jajaran, melakukan kunjungan ke Balai PUSDIKLAT APPI di Jalan Uka Kampar Minggu (8/8/2021).

Dalam kunjungan yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB tersebut, terjadi suatu dialog terkait perkembangan Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) ke depan. Yang mana salah satunya adalah pembahasan tentang DPD APPI Riau yang akan mengembangkan sayapnya ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Alexander Pranoto selaku Ketua Umum DPP APPI berharap, ke depannya agar peran dan fungsi PUSDIKLAT APPI dikembangkan menjadi suatu tempat pelatihan dan pembekalan bagi petani dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pertanian. 

Mentimun (Cucumis sativus)

"Saya berharap peran dan fungsi PUSDIKLAT APPI ini dapat menjadi wadah bagi pelatihan, bimbingan ataupun penyuluhan bagi masyarakat petani di Riau. Baik itu melalui kerjasama dengan Pemerintah melalui Instansi terkait ataupun melalui peran BUMN dan pelaku usaha swasta. Intinya, bagaimana APPI itu dapat berperan serta dalam mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional," sebut Ketua Umum DPP APPI.

Di sela peninjauan perkebunan mentimun (Cucumis sativus) di lokasi Balai PUSDIKLAT APPI dan dialog terkait cocok tanam mentimun kepada petani, Romi Ketua DPD APPI Riau kepada awak media menyampaikan bahwa, DPD APPI Riau telah mulai menjalin kerjasama dengan Balai Pelatihan Pemerintah dan ke depan diharapkan setelah selesai masa PPKM ini, jajaran DPD APPI RIAU dapat segera melakukan audensi dengan Gubernur Riau dan Bupati di setiap kabupaten dan BUMN terkait kerjasama dan koordinasi tentang pertanian dan program peningkatan taraf hidup petani di Provinsi Riau.

Lengkeng (Dimocarpus longan)

Selain telah ditanam tanaman semusim (annual) seperti mentimun (Cucumis sativus) di kebun Pusdiklat APPI ini juga telah ditanam tanaman tahunan (perennial) seperti Lengkeng (Dimocarpus longan), Aren atau Nira (Arenga pinnata) dan lain-lain. Pusdiklat APPI ini sering dikunjungi para tamu, pakar, ilmuwan, peneliti, profesor, pengusaha, pejabat Pemerintahan, dan lain-lain.

"DPD APPI Riau akan segera membentuk jajaran kepengurusan APPI di kabupaten/kota, sekarang telah dimulai di Kabupaten Bengkalis. Dan kita berharap setelah masa PPKM berakhir, DPD APPI Riau akan melakukan koordinasi dengan bapak Gubernur Riau dan Bupati serta pimpinan BUMN dan swasta. Kita akan diskusikan bagaimana mensukseskan program ketahanan pangan Nasional yang merupakan progran unggulan dari Presiden Jokowi dan meningkatkan taraf hidup petani dan persoalan di seputar pertanian, baik dari sisi hukum, pemasaran dan pelatihan, kita sangat perlu dukungan dari segala pihak," tutup Romi Ketua DPD APPI Riau. (*/di/azf)


Baca Juga