Community Space, Dunia Usaha Pemuda Menuju Bengkalis Bermasa

Bengkalis, Detak Indonesia--Untuk membangkitkan gairah dunia usaha khususnya yang ada di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Koordinator kegiatan Kadin Bengkalis dan Discover Bengkalis menyelenggarakan kegiatan perdananya yaitu Community Space (Ruang Komunitas) pada Sabtu malam (22/01/2022), yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai, di lokasi Taman Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Kegiatan Community Space ini dihadiri oleh, Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Bengkalis, Masuri SH (Mas Bagong), Pengurus Kadin Bengkalis, Ketua KNPI Bengkalis, Ketua BCN (Badan Creative Network), Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bengkalis, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Bengkalis, Himpersis, Pengurus Cabang Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Kabupaten Bengkalis, Brade dan Masyarakat Pulau Bengkalis.

Adapun komunitas pemuda maupun media partner yang mendukung kegiatan ini, ialah Laksamana Bonsai (Laksbon), Green Vitality (Kopi), Madu Lebah Tulen Riau (MLTR), Kersani Mulia (Tanjak), UMKM Community (Pahlawan UMKM), Komisi Film Riau (Tonges Film Production), Karang Taruna, Bengkalis Membaca, Polbeng Preneurs, Genpi Bengkalis, RRI (Media Partner), Bengkalisku (Media Partner), Bengkalis Riau (Media Partner), Rakyat 45.com (Media partner) dan Radio Indra Bengkalis (Media Partner).

Pengunjung di "Community Space," Sabtu malam (22/01/2022), di lokasi Taman Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. (TA Devonny/ DetakIndonesia.co.id) 

Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, mengatakan, apresiasi tinggi dulu Kadin yang berinisiasi dengan Community Space, yang hari ini perdana memulaikan langkah awal untuk menjadikan wirausaha, entrepreneurship, jiwa-jiwa muda, yang berkaloborasi dengan pelaku usaha, juga birokrasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Bersyukur saya atas inisiasi yang dibuat oleh Kadin ini, dan mendapat tanggapan yang luar biasa, ini mencerminkan adanya keinginan kuat, bagaimana anak-anak muda yang ada di Kabupaten Bengkalis sebetulnya, ingin merebut peluang-peluang usaha, yang mengolah sumber daya alamnya, bahan bakunya, yang kreatif sekali, hari ini saja sudah banyak yang ikut untuk memamerkan usaha-usahanya, dari BUMDes, dari Politeknik, pelaku usaha bahkan sampai dengan komunitas bonsai," tambah Bagus.

"Saya kira ini akan kita buat berkelanjutan, bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan pelaku usaha, terutama Kadin, saya berharap untuk terus mensponsori, supaya pelaku-pelaku usaha ini bertambah, kemudian menghasilkan produk-produk yang akhirnya membawa nama harum bagi Kabupaten Bengkalis, yang jelas nama harum bagi keuntungan anak-anak muda kita, untuk berbisnis dan untuk berjiwa berwirausaha," ungkap Bagus. 

Foto bersama usai melaksanakan kegiatan di "Community Space," Sabtu malam (22/01/2022), di lokasi Taman Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. (TA Devonny/ DetakIndonesia.co.id) 

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Bengkalis, Masuri SH atau biasa disapa dengan Mas Bagong ini, berpesan kepada Ketua Kadin yang baru Ridho Nosa supaya, pertama, meneruskan apa yang sudah ditanamkan, sudah diprogramkan, sudah direncanakan. Yang kedua, rangkul lalu ayomi, lindungi, ajak kawula muda kaum millenial untuk bagaimana hari ini bisa berkolaborasi untuk membangun jiwa entrepreneur-entrepreneurship, karena sesungguhnya menjadi wirausaha itu lebih baik di saat zaman modern ini, apalagi ini zaman digitalisasi, zaman IT tentunya menjadi andalan dan ujung tombak bagi bangsa untuk lebih maju jauh ke depan. 

“Dan harapan tentunya bagaimana Kadin masa depan itu lebih luas, mengayomi millenialnya, artinya dari sisi produk, jangkauan, market semuanya harus tercapai dengan sebuah yang namanya IT digitalisasi. Saya tambah sedikit lagi, jadi malam ini tadinya, dari anak-anak millenial yang dibawa bung Ridho menyampaikan akan ada acara malam ini, saya sambut baik. Ini adalah perdana, uji coba tapi yang Insyaa Allah ke depan, bukan cuma setiap bulan, mungkin bisa jadi setiap minggu, karena ini adalah ekonomi bagi masyarakat UMKM," ungkap Masuri.

Penggagas Acara, Erik Maunanta mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan, Community Space Kadin X Discover

"Jadi ini sesuatu harapan bagi kami ke depan, antara Kadin dan Discover bisa menciptakan ruang yang dapat mensinergikan, kegiatan pemuda dan dunia usaha menuju Bengkalis Bermasa," ucap Erik.    

Foto bersama usai melaksanakan kegiatan di "Community Space," Sabtu malam (22/01/2022), di lokasi Taman Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. (T A Devonny/ DetakIndonesia.co.id)

"Terkait Discover sendiri adalah, suatu wadah yang baru lahir sebenarnya, pada awal bulan Oktober 2021 yang lalu, yang bertujuan untuk melahirkan usaha wisata dan ekonomi kreatif. Kenapa kami gelar acara pada hari ini Sabtu malam (22/01/2022), sebenarnya kami ingin melahirkan embrio, untuk para komunitas yang memiliki produknya, ikut dapat bersama-sama nanti menghidupkan kawasan-kawasan wisata yang ada di Kabupaten Bengkalis khususnya," ujar Erik.

Karena bicara wisata bukan hanya bicara tempat, tapi bicara roh dari tempat usaha itu sendiri. Rohnya adalah kegiatan-kegiatan pemuda, usaha-usaha yang dapat mendukung pariwisata itu sendiri, seperti bidang kuliner, fashion, souvernir dan lain sebagainya. 

"Kita banyak mencontoh dari daerah-daerah lain ternyata mereka bukan hanya menjual tempatnya tapi lebih memperkaya aktivitas yang ada di tempat wisata itu, kita berharap ke depannya seperti itu," tambah Erik.

"Untuk harapan dekat ini, yaitu melalui Community Space ini, Kita berharap ini tempat bisa kita jadikan titik lokasi, tempat aktivitasnya komunitas ke depan. Jadi kita berharap, setelah ini ada stakeholder lain ataupun komunitas lain dan organisasi juga yang bisa berdiskusi dengan kita, untuk membicarakan program jangka panjang terkait dengan kegiatan-kegiatan atau iven-iven yang keren seperti ini. Insyaa Allah melalui semangat pemuda, adik-adik mahasiswa yang ikut membantu, Genpi dan teman-teman yang lain yang juga ikut mensukseskan acara ini, saya ucapkan terima kasih dan Alhamdulillah, mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi di iven-iven selanjutnya," ungkap Erik. (Devon)


Baca Juga