Emak-emak Menjerit, Harga Minyak Goreng Meledak Mahal di Pasaran !

Pekanbaru, Detak Indonesia--Pemerintah telah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) subsidi minyak goreng (migor) kemasan, Rabu 16 Maret 2022.

Dampaknya pada Kamis (17/3/2022) harga minyak goreng kemasan bergerak liar harganya di sejumlah pasar tradisional, pasar modern, gerai Indomaret, Alfamart, dan kedai-kedai sembako di Kota Pekanbaru, Riau.

Emak-emakpun menjerit, sumpah serapah menyalak, mengatakan mereka dicekik lehernya, sudahlah susah, ekonomi sulit harga minyak goreng kemasan mahal sekali.

Jumbo Mart Jalan Delima Pekanbaru

Keluhan ini disampaikan sejumlah emak-emak saat belanja di Gerai Jumbo Mart di Jalan Delima Pekanbaru, Riau, Kamis pagi (17/3/2022).

Menurut emak-emak, sebelumnya mereka masih busa beli minyak goreng kemasan 2 liter Rp28.000. Namun sekarang harganya naik hamoir dua kali lipat Rp45.900 per 2 liter. Di gerai Alfamart langka minyak goreng kemasan. Kalau ada harganya Rp52.200 per 2 liter. 

"Kalau sudah semahal ini harga minyak goreng kemasan ini benar-benar mencekik leher membunuh emak-emak dan bagaimana keluarga mau makan. Minyak goreng curah kami ragu mutunya takut nanti minyak bekas yang diolah," demikian keluhan emak-emak saat mau beli migor di gerai Jumbo Mart Jalan Delima Pekanbaru, Kamis pagi (17/3/2022). Emak-emak ini balik kanan tak jadi beli migor kemasan karena harganya melambung tinggi.

Minyak goreng kemasan di Alfamart Jalan Delima Pekanbaru stok menipis menurut kasirnya harga Rp52.200 per 2 liter

Sementara gelombang aksi demo mahasiswa memprotes kelangkaan minyak goreng dilancarkan ke Kantor Gubernur Riau, Rabu (16/3/2022).

Gelombang aksi unjukrasa gabungan ratusan mahasiswa Riau ke Kantor Gubernur Riau, Rabu (16/3/2022) karena minyak goreng langka, solar langka

Riau lumbung minyak baik migas maupun kelapa sawit tetapi aneh kenapa di Riau langka migor dan solar. 

Dari pengakuan Anto supir mobil L300 pickup yang rutin mengangkut kelapa muda dari Payakumbuh Sumbar ke Pekanbaru Riau mengeluhkan sulitnya mendapatkan solar di perjalanan dari Payakumbuh dan Pekanbaru.

Anto supir L300 pickup rutin angkut kelapa muda dari Payakumbuh Sumbar ke Pekanbaru Riau antre solar di SPBU Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru, Kamis (17/3/2022). Menurutnya susah dapat solar dari Padang Sumbar hingga Pekanbaru Riau. 

Dia berharap dilakukan razia di tempat sepi mulai dari Rimbopanjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Riau sampai perbatasan Sumbar terhadap mobil yang memodifikasi tanki bbmnya.(azf)


Baca Juga