Tiga Warga Sumsel Merampok di Riau Ditembak Polisi !

Pekanbaru, Detak Indonesia--Tiga warga dari Lubuklinggau dan Rejanglebong Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), merampok di Provinsi Riau, ditembak dan diringkus petugas polisi gabungan dari Polres Kampar dan Dit Reskrimum Polda Riau dipimpin Dir Reskrimum Polda Riau Kombes Asep Darmawan Rabu (29/3/2023). TKP perampokan pecah kaca mobil menggondol uang Rp80 juta terjadi di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar Riau.

Menurut keterangan Dir Reskrimum Polda Riau Kombes Asep Darmawan dalam jumpa pers di Mapolda Riau, Kamis (30/3/2023) bahwa beberapa waktu belakangan ini kurang lebih sekitar sepekan ini ada beberapa kejadian di wilayah hukum Polres Kampar yang termasuk dalam wilayah hukum Polda Riau yakni ada pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Kecamatan Siakhulu Kampar Riau.

 

Kemudian pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Tapung dan sebelumnya terjadi pencurian perampokan yang terjadi korbannya adalah nasabah bank BRI di Bangkinang Kampar Riau yang baru keluar  Bank BRI Bangkinang mengambil uang sebesar Rp80 juta yang terjadi pada 13 Maret 2023 sekitar jam 14.00.

Kejadian itu terjadi korban baru keluar dari bank mengambil uang sekitar Rp80 juta kemudian diikuti oleh para pelaku yang sudah melakukan penggambaran di sekitar wilayah Bangkinang kemudian diikuti kemudian dilakukan pecah kaca pada saat korban sedang berada turun dari kendaraan kemudian ke toko bangunan setelah itu kaca mobilnya sudah pecah dilakukan  oleh para pelaku yang berjumlah tiga.

Berhasil menggondol uang Rp80 juta ketiga pelaku kabur ke wilayah Sumatera Selatan karena yang bersangkutan merupakan penduduk Sumatera Selatan.

 

"Kemudian kita lakukan penyelidikan beberapa kejadian yang bersangkutan berada di Sumatera Selatan kemudian kita berangkat dan bergerak dan kita mendapatkan informasi pelaku kemarin yang bersangkutan datang kembali ke Riau ke wilayah Riau kemudian berencana akan melakukan tindakan yang sama yaitu melakukan modus pecah kaca dengan korban-korban nasabah bank di wilayah Rumbai karena sudah dilakukan penggambaran oleh yang bersangkutan. Sehingga tadi malam kita lakukan penindakan kepada para pelaku sekitar jam 19.00 di wilayah Tanah Merah di Siak Hulu kemudian tertangkap. Dua pelaku dan satu pelaku tertangkap di Jalan Paus karena mereka baru datang dan tiba dari wilayah Palembang dan Bengkulu yang pertama inisialnya adalah AH alias F yang tukang gambar kemudian sebagai eksekutor R," kata Kombes Asep.

Pelaku sudah merupakan yang sering bermain pecah kaca mobil, spesialis pecah kaca mobil 2 menit berhasil, kendati pecah kaca mobil namun alarm tak bunyi.

 

Dari Palembang mereka bertiga gonceng tiga naik motor singgah di Talukkuantan Riau beli motor dua unit. Lalu bergerak ke Bangkinang dan melakukan pecah kaca mobil nasabah Bank BRI Bangkinang berhasil menggondol Rp80 juta. Uang itu sudah habis mereka nikmati.

Berhasil di Bangkinang, mereka mau beraksi lagi di Bank di Rumbai namun berhasil dilumpuhkan dengan dilakukan tindakan tegas terukur oleh jajaran Dit Reskrimum Polda Riau. Dua dari pelaku nampak kewalahan memakai kursi roda di Mapolda Riau. Masih diperban kakinya bekas luka tembak. Nampak loyo, tapi saat beraksi merampok mereka ganas sekali. Pelaku diancam pasal 363 KUHP 7 tahun kurungan penjara. (azf)
 


Baca Juga