Curah Hujan Tinggi di Berastagi Mengakibatkan Banjir Kiriman Jalur Berastagi-Medan

Berastagi, Detak Indonesia--Jalur  Berastagi - Medan tergenang air akibat hujan deras ruas jalan tertutup, terkena banjir kiriman dari Gunung Sibayak dampaknya macet total tepatnya di Pabrik Aqua Doulu Pasar Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara Ahad jelang petang (30/4/2023) sekira pukul 15.00 WIB.

Terpantau, jalur yang berada di antara Penatapan dan pabrik air mineral dibanjiri arus yang sangat deras dari atas Gunung Sibayak. Arus deras itu membuat terjadinya kepadatan kendaraan dikarenakan perlambatan arus lalu lintas di lokasi banjir.

Menurut salah seorang warga, Erwin Ginting saat ditemui di lokasi tersebut mengatakan, memang sering menjadi langganan banjir di tempat ini kalau terjadi hujan deras. Hujan tersebut merupakan kiriman dari atas Gunung Sibayak yang diguyur hujan Ahad siang tadi (30/4/2023).

 

Di tempat yang sama Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH, saat melakukan pengaturan lalin bersama-sama dengan personel lainnya, mengimbau masyarakat yang ingin melanjutkan perjalanan mudik dari arah Berastagi ke Medan maupun ke arah Berastagi supaya tetap berhati-hati.

"Kita lihat pada saat ini cuaca sangat ekstrem, apalagi melintasi perbukitan seperti sekitar Penatapan dan Tahura Bukit Barisan supaya tetap hati - hati di jalan," imbaunya.

Kapolres juga menambahkan, apabila terjadi perlambatan dan antrean arus lalulintas diimbau jangan saling mendahului dan tetap patuhi peraturan lalulintas serta arahan petugas di lapangan.  

 

"Kita terus berupaya maksimal perjalanan lintas Kabupaten Karo dapat berjalan aman dan lancar, personel sudah terjajar di setiap pos-pos pengamanan yang rawan terjadi kepadatan," ucap Kapolres Ahad petang tadi (30/4/2023).

Selain personel Polres Tanah Karo, Personel Kodim 0205/TK juga turut bekerjasama untuk mengatur lalu lintas di lokasi banjir dan lokasi lainnya pada masa arus balik mudik Idul Fitri 1444 H di wilayah Tanah Karo. (stm)


Baca Juga