Ibu dan Dua Anaknya Tewas Terpanggang di Pekanbaru

Pekanbaru, Detak Indonesia--Sabtu 10 Juni 2023 pukul 04,05 WIB telah terjadi Kebakaran satu unit rumah di Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, Riau.

Adapun identitas pemilik rumah/korban adalah H Anis, 73 tahun, tidak bekerja, alamat Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.

Saksi-saksi  yang mengetahui kebakaran yakni H Anis sendiri, 73 tahun, tidak bekerja, alamat Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Saksi kedua Geni Anis, 39 tahun, ibu rumah tangga, alamat Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, sakti ketiga Baktiar, 52 tahun, wiraswasta, alamat Jalan Durian No. 6 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Saksi keempat Aprizal, 56 tahun, swasta (Ketua RW) Jalan Jenderal Ahmad Yani I No. 38 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru sedang memadamkan api dan melakukan pendinginan.

 

Adapun korban jiwa Poppy Anis, 43 tahun, ibu rumah tangga, alamat Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, Audrey, 12 tahun, Pelajar, Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, Aisyah, 9 tahun, Jalan Durian No. 19 Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Kerugian materil belum bisa ditaksir. Sumber api berasal dari ruang tamu diduga sementara korsleting listrik.

Kronologis kejadian, bermula saksi Geni menjelaskan bahwa Geni tidur sekira pukul 03.00 WIab karena sedang sakit dikarenakan tensi turun, lalu sekira pukul 04.45 WIab saksi Geni mendengar ada suara pecahan kaca, kemudian saksi terbangun dari tidur dan melihat ada api di gorden ruang tamu yang telah membesar, kemudian saksi Geni membangunkan saksi H Gani dan mengajak keponakan saksi bernama Aminah untuk keluar dari rumah.

Selanjutnya saksi Geni, saksi H Anis dan Sdri Aminah keluar dari pintu belakang karena pintu menuju ke depan dalam keadaan terkunci. Setelah saksi Geni menyelamatkan saksi H Anis dan Sdri Aminah keluar, lalu saksi Geni berusaha masuk kembali ke dalam rumah untuk membantu kakaknya yang bernama Poppy dan dua orang keponaan saksi, akan tetapi karena asap sudah tebal dan api sudah membesar saksi Geni tidak bisa masuk ke dalam rumah untuk menyelamatkan korban Poppy, Audrey dan Aisyah.

 

Saksi Baktiar menerangkan bahwa sekira pukul 04.45 WIB saksi Baktiar mendengar ada suara berteriak dari luar rumah, yang mana saksi Baktiar tinggal di depan rumah yang terbakar. Lalu saksi Baktiar keluar dari rumah dan melihat rumah yang terletak di seberang telah terbakar di bagian ruang tamu, kemudian saksi Baktiar menghubungi Pemadam Kebakaran lalu saksi Baktiar berusaha untuk membuka pintu pagar yang terkunci dengan cara mendorong dan menggoyang-goyang pagar bersama dengan dua orang teman saksi Baktiar. Lalu salah satu teman saksi Baktiar mencoba melempar kaca depan rumah dengan batu bermaksud untuk membangunkan penghuni rumah, akan tetapi api makin membesar.

Tidak lama kemudian saksi melihat Sdri Geni dengan menggendong Sdri Aminah keluar dari rumah dan diikuti oleh Sdr H Anis, lalu saksi Baktiar bertanya apakah masih ada orang di dalam, Sdri Geni menjelaskan ada tiga orang lagi yang berada di dalam rumah, akan tetapi dikarenakan api telah membesar saksi Baktiar tidak berani untuk menyelamatkan para korban.

Sekira pukul 05.45 WIB pihak Kepolisan Polsek Sukajadi bersama Pemadam Kebakaran tiba di tempat kejadian, lalu mengamankan tempat kejadian kebakaran dan pihak Pemadam berusaha untuk memadamkan api.

 

Sekira pukul 06.30 WIB api dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebaran, kemudian pihak kepolisan dan pemadam melakukan pengecekan di setiap kamar yang berada di dalam rumah dan ditemukan adanya tiga orang yang terpanggang menjadi korban kebakaran.

Sekira pukul 06.50 WIB ketiga korban berhasil dievakuasi dan selanjutnya ketiga korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau.

Berdasarkan pengecekan pasca kebakaran kamar tidur Sdri Geni Anis berada di bagian belakang dekat dengan dapur. Kamar tidur Sdr H Anis dan sdri Aminah berada di sebalah kamar Sdri Geni. Kamar tidur korban berada di depan kamar tidur Sdr H Anis. Rumah tempat kejadian kebakaran ada diasuransikan oleh Sdr H Anis selaku pemilik rumah. (azf)


Baca Juga