Gawat, Hotspot di Sumatera Terus Meningkat, Kota Pekanbaru Diselimuti Asap !

Rabu, 04 Oktober 2023 - 08:18:39 WIB

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Sumatera titik panasnya terus meningkat sebulan terakhir ini sangat mengkhawatirkan akankah bakal terjadi lagi bencana asap seperti tahun 2015, dan 2019 lalu? Semua pihak harus segera antisipasi. (ist)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Jika kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak serius dicegah dan diatasi di kawasan Pulau Sumatera, bencana asap seperti terjadi pada 2015, dan 2019 lalu bakal bisa terjadi lagi di Kota Pekanbaru.

Asap yang menyelimuti angkasa Kota Pekanbaru diperkirakan asap kiriman dari provinsi tetangga yang memiliki titik panas (hotspot) yang mencapai ratusan titik panas.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Simpangtiga Kota Pekanbaru, hotspot di Pulau Sumatera pada Selasa 3 Oktober 2023 sebanyak 853 titik panas, namun naik mengkhawatirkan menjadi 1.262 titik panas pada hari ini Rabu 4 Oktober 2023.

 

Menurut BMKG Pekanbaru, total titik panas (hotspot) wilayah Sumatera pada Rabu hari ini 4 Oktober 2023 sebanyak 1.262 titik panas. Tersebar di Bengkulu 12, Jambi 36, Lampung 102, Sumatera Barat 173, Sumatera Selatan 843, Bangka Belitung 75, Riau 21 titik panas tersebar di Kabupaten Kampar 3 titik, Kabupaten Kuantan Singingi 4, Kabupaten Pelalawan 1, Kabupaten Rokan Hulu 6, Kabupaten Indragiri Hilir 1, Kabupaten Indragiri Hulu 6 titik hotspot.

Rabu pagi (4/10/2023) udara Kota Pekanbaru kabur - cerah berawan. Siang sampai sore hari diperkirakan  cerah berawan - berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.

 Malam hari : cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

 

Dini hari diperkirakan cuaca cerah berawan – berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Peringatan Dini: waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, KabupatenKepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai pada malam dan dini hari.

 Suhu Udara : 23.0 – 33.0 °C. Kelembapan Udara : 50 – 99 persen. Angin bertiup dari Tenggara – Selatan/ 10 – 30 km/jam. (tim/azf)