Inilah Potret Lapangan Merdeka Medan yang Sedang Direvitalisasi

Ahad, 26 November 2023 - 12:09:07 WIB

Foto atas suasana Car Free Day (CFD) di seputaran Lapangan Merdeka Medan sepertinya lebih ramai CFD di Jalan Sudirman Pekanbaru. Foto bawah Lapangan Merdeka Medan sedang direvitalisasi dibangun parkir bawah tanah di tengah lapangan hijaunya, Ahad (26/11/2023). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Medan, Detak Indonesia--Awak media ini Ahad pagi tadi (26/11/2023) berkesempatan berolah raga jogging di seputaran Lapangan Merdeka Medan yang sedang direvitalisasi Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan saat ini, Bobby Nasution.

Lapangan Merdeka Medan seluas 4,88 hektare ini telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada 28 Oktober 2021. Berada di kawasan Kesawan atau tepatnya di Kecamatan Medan Petisah, Lapangan Merdeka juga menjadi titik nol kilometer dari Kota Medan.

Banyak yang pro-kontra sebelum revitalisasi pada awal 2022 lalu, karena telah terlanjur membangun sejumlah bangun fisik di seputaran Lapangan Merdeka Medan ini. Seperti di sisi barat Lapangan Merdeka sebelumnya terdapat restoran, cafe, maupun toko makanan yang dikelola oleh Merdeka Walk. Ada 12 tenant yang berada di situ, seperti Mc Donald, Nelayan, Starbuck, dan lain sebagainya. Namun sejak Juli 2022 lalu hingga November 2023 ini bangunan di Lapangan Merdeka itu telah diruntuhkan dan dikembalikan ke sedia kala (back to nature) sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) tanpa bangunan tenant lagi.

Sejumlah tenant-tenant itu direlokasi ke Taman Lili Suheri Medan yang berada di Jalan Listrik. Mereka pindah sampai revitalisasi tersebut selesai. Memang awalnya sejak tahun 1984 lalu saat awak media ini kuliah di Fakultas Teknik Arsitektur Lansekap Universitas Panca Budi di Jalan Gatot Soebroto Medan sampai 1990, Lapangan Merdeka Medan ini benar-benar 100 persen sebagai RTH dengan hamparan lapangan rumput paetan (Axonopus compressus) di tengahnya, tanpa ada bangunan tenant, restoran, dan lain-lain. Entah kenapa belakangan fungsinya sebagai RTH menjadi kacau/rusak sejak dibangun sejumlah bangunan tenant. Namun berkat Wali Kota Medan Bobby Nasution, fungsi RTH Lapangan Merdeka Medan dikembalikan seperti dirancang pada zaman Belanda lalu.

 

Namun kali ini ada terobosan baru yang dirancang oleh para arsitek Lapangan Merdeka Medan, yakni sedang dibuat parkir di bawah tanah di tengah RTH Lapangan Merdeka tersebut. Kalau dulunya terdapat hampar rumput hijau di tengah lapangan itu. Maka nantinya di bawahnya terdapat parkir kendaraan di bawah tanah. Sehingga tak perlu parkir kendaraan di luar RTH itu yang membuat kemacetan.

Penghancuran bangunan tenant, restoran dan lain-lain di Lapangan Merdeka Medan itu tak seberapa nekatnya Pemko Medan dibanding Pemerintah di New York Amerika Serikat abad 18 lalu. Di mana penduduk New York berlomba gengsi membangun Kota New York dengan hutan gedung pencakar langit yang sangat rapat, namun akhirnya menjadikan Kota New York pengap, polusi kendaraan yang tinggi.

Wali Kota New York abad 18 saat itu bikin sayembara bagaimana mengatasi pengap dan kepadatan gedung pencakar langit dan tingkat polusi yang tinggi ini.

Akhirnya sayembara ini dimenangkan oleh seorang Arsitek Lansekap. Sang Arsitek Lansekap membuat rancangan lansekap mengusulkan bangunan pencakar langit yang bikin pengap ini seluas 25 hektare harus diruntuhkan. Wali Kota New York dan penduduknya tercengang apa mungkin diruntuhkan. Akhirnya diruntuhkan, harus kembali ke alam (back to nature) diputuskan dibangun Taman Kota New York yang kini disebut Centrak Park New York.

Taman ini dirancang oleh Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux. Keduanya juga dikenal sebagai perancang Taman Prospect di Brooklyn yang letaknya berdekatan. Walaupun terlihat alami, lansekap Central Park sepenuhnya hasil campur tangan manusia. Di dalam taman terdapat danau buatan dan kolam, jalan setapak, dua arena es skating, kawasan lindung hewan liar, lapangan rumput, dan arena bermain untuk anak. Central Park sering didatangi burung migran sehingga menjadi tempat favorit bagi pengamat burung. Panjang keseluruhan jalan-jalan di dalam taman adalah 10 km. Pengunjung ramai berjogging, bersepeda, atau bersepatu roda, terutama di akhir pekan atau sejak pukul 19.00 setelah kendaraan bermotor dilarang lewat.

Car Free Day Lapangan Merdeka Medan, Ahad (26/11/2023).

 

Central Park adalah taman umum yang luas di Manhattan, New York City. Luasnya 3,41 kmĀ² dengan bentuk lahan persegi panjang (panjang 4 km, lebar 800 m). Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan sekaligus taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika Serikat.

Potret Lapangan Merdeka Medan Sebelum Direvitalisasi

Lapangan Merdeka Medan direvitalisasi mulai 4 Juli 2022 lalu. Sebelum itu ada agenda seremonial peletakan batu pertama. Maka dari itu Lapangan Merdeka Medan sudah dikosongkan 20 Juni 2022 Pemko Medan sudah menyiapkan tempat relokasi yang terdampak kegiatan revitalisasi Lapangan Merdeka tersebut.

Lapangan Merdeka ini sebelum direvitalisasi, di sebelah barat terdapat restoran, cafe, maupun toko makanan yang dikelola oleh Merdeka Walk. Ada 12 tenant yang berada di situ, seperti Mc Donald, Nelayan, Starbuck, dan lain-lwin.

Sejumlah tenant-tenant tersebut  direlokasi ke Taman Lili Suheri Medan yang berada di Jalan Listrik. Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan ada parkir di bawah tanah sebelah timurnya.

Di timur Lapangan Merdeka terdapat pedagang buku. Mereka dulunya berjualan di Titi Gantung, sebelum akhirnya dipindahkan ke Lapangan Merdeka. Sekarang ada Kopi Titi Gantung di sisi timur Lapangan Merdeka bersebelahan dengan Stasiun Kereta Api Medan.

Gedung London Sumatera Indonesia dekat Lapangan Merdeka Medan gaya arsitektur kolonial.

 

Mereka menempati bangunan lantai dua yang disiapkan, sebanyak 120 gerai berada di sisi timur tersebut. Sedangkan di bagian bawah, terdapat lahan parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Medan.

Di selatan, terdapat bangunan milik Dinas Perhubungan Kota Medan, Bangunan unit hubung milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan di bagian sudut dalam terdapat kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Untuk kantor milik Pemko Medan sendiri, juga direlokasi.

Di bagian utara Lapangan Merdeka terdapat bangunan milik Dinas Kebudayaan Kota Medan, pedagang dan juga Kantor Satlantas Polrestabes Medan.

Berdasarkan keterangan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kantor Satlantas tersebut menjadi paling akhir direlokasikan saat revitalisasi.

Di sisi dalam Lapangan Merdeka Medan, di bagian timur dari sisi dalam terdapat para pedagang makanan. Mereka berjualan di sepanjang bagian tersebut. Selain itu, terdapat pula fasilitas olahraga dan bermain di sekeliling lapangan. Ada berbagai macam yang biasa digunakan oleh masyarakat ketika berolahraga di Lapangan Merdeka.

Titi Gantung kini ada Kopi Titi Gantung dekat Lapangan Merdeka Medan di samping Stasiun Kereta Api Kota Medan.

 

Terdapat juga pendopo yang menjadi salah satu ikon Lapangan Merdeka, pendopo tersebut menghadap utara. Selain pendopo ada juga sejumlah hard material seperti bangku taman bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana Lapangan Merdeka Medan.

Kantor Pos Kota Medan dekat Lapangan Merdeka Medan.

Kehadiran Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan sejenisnya di suatu kota di Indonesia sesuai aturan Kementerian PUPR RI adalah 30 persen dari luas suatu kota. Bagaimana dengan Kota Medan, Kota Pekanbaru, Riau apakah sudah menyiapkan 30 persen tersebut? Kota Pekanbaru hanya baru 6 persen menyediakan RTH dan sejenisnya. (azf)