Kapolda Riau Perintahkan Pengamanan Maksimal KPU Riau Saat Rekapitulasi 7 Maret 2024

Selasa, 05 Maret 2024 - 11:48:20 WIB

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Ketua DPRD Riau Yulisman, Plh Sekdaprov Riau Indra dan pejabat Forkopimda Riau di halaman Mapolda Riau di Pekanbaru, Selasa pagi (5/3/2024). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal meminta jajarannya melakukan penjagaan ketat KPU Riau saat KPU Riau melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Aryaduta Hotel Pekanbaru pada Kamis 7 Maret 2024.

Instruksi ini disampaikan mantan Kepala Divisi Humas Polri ini di Mapolda Riau di Pekanbaru dalam amanatnya pada acara Ekspos dan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba, Miras, perangkat judi online Dumai, rokok ilegal, knalpot brong, Selasa pagi (5/3/2024).

Menurut Irjen M Iqbal, Kepolisian Negara Republik Indonesia punya standar operasi secara teori ketika kita memasuki waktu atau yang kita namakan kalender Kamtibmas kalender keamanan ketertiban masyarakat kita harus punya pola punya konsep bahasa kerennya kita harus kelola kalender kamtibmas walaupun pararel dengan itu pesta demokrasi belum selesai ada beberapa indikasi gangguan keamanan dan lain sebagainya.

 

"Ada narasi Pemilu curang ada Hak Angket dan lain sebagainya itu masih tetap kami harus lakukan pengelolaan yang maksimal seperti contoh Kita harus melakukan cooling system dari seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, teman-teman jurnalis harus sepakat bahwa pemungutan suara sudah selesai tetapi ada berbagai yang harus kita lakukan kita sepakat bahwa apapun pendapat apapun hasilnya apapun sudut pandang berbagai elemen masyarakat kita harus meletakkannya pada truk yang betul.  Ada gugatan ada ruang gugatan ada pengadilan ada Bawaslu nanti ujungnya ada Mahkamah Konstitusi. Alhamdulillah saya laporkan di wilayah Provinsi Riau sampai hari ini relatif sangat kondusif bahkan saya dibantu oleh berbagai tokoh masyarakat tokoh agama, tokoh Pemuda, pemerintah provinsi dan lain-lain bahwa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi pilar utama pesta demokrasi jangan menjadikan kita pecah belah," jelas jenderal bintang dua ini.

"Alhamdulillah dari ujung Pulau Burung sampai Meranti saya sudah ke sana dan lain-lain semua kondisi bahkan kemarin Alhamdulillah wasyukurilah saya laporkan saya informasikan kepada bapak ibu semua hasil rekapitulasi suara sudah selesai di tingkat KPU Kabupaten dan Kota di Riau dan insyaaAllah 7 Maret 2024 kita akan mulai rekapitulasi tingkat KPU Provinsi Riau di Hotel Aryaduta. Saya perintahkan kepada tim saya untuk melakukan pengamanan yang sangat maksimal. Tidak sedikit provinsi di mana-mana ada yang keributan dan kita harus sangat maksimal limited person yang masuk di sana mobil-mobil juga jangan sembarangan masuk di sana gunanya untuk apa, jangan sampai ada penyusup yang bermuara pada gangguan keamanan nah ini terus kita kawal sampai nanti InsyaaAllah selesai diterbangkan ke Jakarta," tegas Irjen M Iqbal.

Dan masih belum selesai namun di tengah-tengah paralel dengan pesta demokrasi itu Kepolisian Negara Republik Indonesia Polda Riau beserta teman-teman Tentara Nasional Indonesia, Pemerintah kabupaten/kota Provinsi juga harus melakukan konsep bahwa di depan mata 5 atau 6 hari lagi memasuki bulan suci Ramadan Nah untuk itu ini adalah standar keamanan jangan mengganggu khusyuknya nilai daripada ibadah puasa dan ini dilakukan oleh seluruh Polres jajaran. (azf)