Hati-hati Ada Jalan Longsor di PLTA Koto Panjang Kampar, Pemudik Agar Waspada !

Selasa, 09 April 2024 - 22:56:29 WIB

Jalan longsor di Km 87 jalan lintas barat Pekanbaru-Sumbar Selasa (9/4/2024) dan lereng tebing rawan longsor di kawasan PLTA Koto Panjang Kabupaten Kampar, Riau pemudik pada arus mudik dan arus balik agar waspada. (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Rantau Berangin, Detak Indonesia--Arus mudik H-1 Idul Fitri 1445 H, Selasa pagi hingga siang dan senja (9/4/2024) dari Kota Pekanbaru menuju lintas barat ke Sumatera Barat (Sumbar) terpantau lancar.

Sementara arus mudik di lintas timur Sumatera dari Kota Pekanbaru-Jambi-Palembang sempat macet panjang di kawasan Sumatera Selatan.

Macet di jalur lintas timur Sumatera lintas Jambi-Palembang.

Di lintas Utara dari Kota Pekanbaru menuju Sumatera Utara terpantau terjadi kemacetan di pasar tumpah antara lain di Kota Pinang Sumatera Utara.

Macet di lintas Utara dari Pekanbaru ke Sumatera Utara di Pasar Kota Pinang, Sumut.

 

Sementara di lintas selatan dari Kota Pekanbaru menuju Kiliran Jao dan Jambi terpantau lancar.

Ada Jalan Longsor di PLTA Koto Panjang

Di jalur barat dari Pekanbaru menuju Sumbar, pengendara agar hati-hati karena dari pantauan di Km 87 menjelang pintu gerbang Kampung Patin di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Riau dan di Km 89 ada jalan longsor.

Badan jalan yang longsor ini jika dilanda hujan deras berkali-kali akan terus tergerus dan jurang di kiri-kanan badan jalan cukup curam dan dalam lokasi ini rawan amblas jalannya.

Dari pengamatan para ahli konstruksi dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Riau, beberapa waktu lalu kawasan PLTA Koto Panjang ini memang di nilai tanahnya labil dan jalan, tebing rawan longsor. Nampak ada jalan yang longsor sudah dipasang Bronjong kawat dan batu.

Jalan longsor di kawasan PLTA Koto Panjang Km 89 Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau, Selasa (9/4/2024).

 

Pengemudi agar waspada melintas di lokasi jalan longsor, apalagi kalau malam hari dan turun hujan deras. Jalan rusak dan berlubang di lintas barat masih ada dan pengendara motor roda kecil agar hati-hati karena ban bisa terperosok ke dalam jalan berlubang dan bisa naas jatuh.

Selasa siang (9/4/2024) di lintas barat ini di Km 22 Desa Rimbopanjang Kabupaten Kampar Riau seorang pemuda pengendara motor yang akan mudik dari Pekanbaru ke Sumbar terjatuh akibat disenggol dipepet mobil superben, sementara supir superben melarikan diri. Tas dan barang-barang pemotor berserakan di jalan, warga membantu korban ke pinggir jalan.

Pemudik/pemotor dari Pekanbaru mau ke Sumbar korban lakalantas disenggol dipepet mobil superben di Km 22 Desa Kualu Nenas Rimbopanjang Kampar, Selasa siang (9/4/2024).

Kondisi cuaca di lintas barat dari Pekanbaru ke Sumbar cepat berubah. Selasa siang (9/4/2024) sekira pukul 13.00-15.00 WIB cuaca panas terik, namun petang harinya berubah mendung dan hujan di kawasan Jembatan Gulamo Km 93 Kabupaten Kampar, Riau.

 

Kendati jalur TOL Pekanbaru-Bangkinang telah lama dibuka menuju Sumbar, namun pemudik masih ramai lewat jalan lama dari Pekanbaru-Pasar Kampar-Rumbio-Air Tiris-Bangkinang.

Demikian juga walau telah dibuka gratis TOL Bangkinang-XIII Koto Kampar menuju Sumbar pada 5 April 2024 lalu hingga 16 April 2024, namun banyak juga pemudik lewat di jalan lama dari Pekanbaru-Pasar Kampar-Rumbio-Air Tiris-Bangkinang-Kuok-Rantau Berangin-kawasan jalan lintas PLTA Koto Panjang-Tanjung Alai-Tanjungbalit-Rimbo Datar- Sumbar. (azf/tim)