Ekskavator Kewalahan Runtuhkan Masjid di Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau

Kamis, 23 Mei 2024 - 06:43:34 WIB

Ekskavator kewalahan menghancurkan konstruksi masjid yang keras dan kuat di eks bangunan Mapolda Riau Jalan Sudirman simpang Jalan Gajah Mada Pekanbaru sejak Senin (20/5/2024). (azf)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Masyarakat termasuk wartawan yang melintas di Jalan Sudirman Pekanbaru di depan gedung baru Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau Pekanbaru yang diruntuhkan alat berat ekskavator menyaksikan alat berat tersebut nampak kewalahan meruntuhkan konstruksi bangunan masjid yang dekat ke Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Nampak berkali-kali ekskavator itu mencoba meruntuhkan konstruksi masjid itu, namun nampak tak bergeming bangunan itu bertahan dan hanya sedikit yang pecah dan runtuh. Lalu dicoba lagi digoyang-goyangkan agar runtuh, namun nampak kuat juga konstruksinya. Akhirnya dengan sabar operator alat berat itu terus menerus perlahan-lahan menghantam dinding masjid tersebut. Suara hantaman alat berat itu sampai terdengar ke gedung Kejati Riau di sebelahnya dan mengundang perhatian warga yang berkendara di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Hampir sepekan alat berat ekskavator meruntuhkan bangunan baru itu dan belum diketahui kenapa bangunan baru eks Mapolda Riau itu dihancurkan lagi setelah dibangun baru.

Aneh, setelah dibangun baru, Vaksin Center Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru itu diruntuhkan lagi.

 

Bangunan baru Rumah Sakit Bhayangkara, Vaksin Center di eks bangunan Mapolda Riau lama di Jalan Sudirman Pekanbaru itu, diruntuhkan sejak Senin lalu (13/5/2024).

Hingga Rabu (22/5/2024) dua alat berat ekskavator warna jingga (orange) nampak merontokkan konstruksi bangunan baru ini yang dibangun semasa Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi sekitar 2020-2021 lalu. Demikian juga sejumlah dump truck nampak stanby mengangkut bongkahan bangunan yang dirontokkan dua alat berat tersebut.

Melihat fakta di lapangan ini sejumlah warga yang melintas termasuk wartawan di depan bangunan yang diruntuhkan itu merasa aneh saja. Karena gedung Vaksin Center ini aktif dipakai untuk kegiatan vaksin Covid-19 pada 2021-2023 lalu. Namun aneh, kenapa sejak Senin lalu 13 Mei 2024, gedung baru yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah ini dirontokkan diruntuhkan lagi. Info dari rekan media ada yang bilang gedung ini belum diserahterimakan oleh kontraktornya, apakah demikian belum diketahui.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal melalui Kabid Humas Polda Riau Kombes Hery Murwono yang dikonfirmasi wartawan mempertanyakan masalah ini sejak Senin lalu (13/5/2024) via ponselnya belum juga memberi penjelasan hingga Rabu malam (22/5/2024). (azf)