Bawaslu Nyatakan Siap Hadapi Laporan PSI

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:33:08 WIB

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, menyatakan siap menghadapi laporan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

JAKARTA,Detak Indonesia - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, menyatakan siap menghadapi laporan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) atas dirinya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Bawaslu menegaskan sudah menangani kasus dugaan pelanggaran PSI sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kami siap dan menghormati pelaporan PSI atas kami. Kalau dilaporkan ya kami hormati, sebab itu sesuai dengan saluran hukum," ujar Abhan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (23/5).

Sementara itu, anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo, menyatakan pihaknya sudah bekerja dengan standar yang jelas saat menangani kasus dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal oleh PSI. Menurutnya, apa yang telah dilakukan terkait kasus PSI sudah tepat dan benar.

"Kami siap dengan laporan itu. Kamu sudah melakukan penanganan terhadap PSIdengan sangat cermat dan hati-hati. Kami sudah melaksanakan kewenangan berdasarkan prosedur yang diatur dalam undang-undang," tegasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya akan melaporkan ketua dan salah satu anggota Bawaslu kepada DKPP. Pelaporan ini terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh ketua dan anggota Bawaslu.