2 Wanita di Pekanbaru Terdeteksi Kanker Serviks dan Vaginitis

Rabu, 05 April 2017 - 07:24:25 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt MM dalam jumpa pers di Kantor Diskes Riau di Pekanbaru, Rabu (5/4/2017) didampingi Kabid SDK drg Zulfa Devisra MKes, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Yohanes MSi, Sekretaris Diskes Riau dr Ruswal

Pekanbaru, Detak Indonesia--Kanker rahim pada wanita (serviks), vaginitis dan tumor payudara cukup menghantui kaum wanita di Pekanbaru, Riau akhir-akhir ini.

Hasil penelitian Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada acara Sosialisasi IVA Test dan Sadanis di Pekanbaru saat kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo 28-31 Maret 2017 lalu di Pasar 50 dan Kampus UIR Pekanbaru, dari 105 wanita yang mendaftar maka setelah didiagnosa awal dengan metoda IVA Test maka ada IVA positif 2 orang wanita dan vaginitis 2 orang juga. Payudara klinis ada satu benjolan dan dicurigasi tiga orang.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt MM dalam jumpa pers di Kantor Diskes Riau di Pekanbaru, Rabu (5/4/2017). Kadiskes Riau ini didampingi Kabid SDK drg Zulfa Devisra MKes, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Yohanes MSi, Sekretaris Diskes Riau dr Ruswaldy Munir SpKO, Kepala UPT Logistik dan Farmasi Dra Rosna Adjie Apt.

Kadiskes Riau menganjurkan kepada wanita usia subur yang hasil diagnosa awal bahwa dianya ada IVA positif (kanker rahim) agar selanjutnya memeriksakan dirinya ke Puskesmas dan masuklah BPJS. 

Untuk program 2017 ini, secara Nasional dan Diskes Riau melaksanakan kegiatan Gerakan masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang pertama yakni, melakukan aktivitas fisik. Kedua, mengkonsumsi sayur mayur. Ketiga, tidak merokok. Keempat, tidak mengkonsumsi alkohol. Kelima, memeriksakan kesehatan rutin. Keenam, membersihkan lingkungan, dan ketujuh tidak buang air besar sembarangan.(azf)","photo":"/images/news/dfekk/5-diskes-ok.jpg","caption":"Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani Nazir Apt MM dalam jumpa pers di Kantor Diskes Riau di Pekanbaru, Rabu (5/4/2017) didampingi Kabid SDK drg Zulfa Devisra MKes, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Yohanes MSi, Sekretaris Diskes Riau dr Ruswaldy Munir SpKO, Kepala UPT Logistik dan Farmasi Dra Rosna Adjie Apt.(Aznil Fajri/Detak Indonesia.com)