Baznas Bengkalis Salurkan Zakat Infak Sedekah

Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:00:05 WIB

Kegiatan Penyaluran ZIS (Zakat, Infak, Sedekah) yang dilakukan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bengkalis. (Devon/  DetakIndonesia.co.id).

Bengkalis, Detak Indonesia -- Dalam zakat dikenal istilah Muzaki dan Mustahik. Muzaki adalah seorang muslim atau badan usaha yang berkewajiban menunaikan zakat. Sedangkan mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat.
 
Pendistribusian zakat dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Pendayagunaan infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya tersebut dilakukan sesuai dengan syariat Islam dan dilakukan sesuai dengan peruntukan yang diikrarkan oleh pemberi.
 
Pengelolaan infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya harus dicatat dalam pembukuan tersendiri. Disinilah pentingnya laporan oleh BAZNAS, BAZNAS provinsi, dan BAZNAS Kabupaten/Kota yang memuat akuntabilitas dan kinerja pelaksanaan Pengelolaan Zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya.

Ketua BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bengkalis, Riau Ustadz Ali Ambar. (Devon/ DetakIndonesia.co.id). 

ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.
 
Untuk total penyaluran ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) yang dilakukan oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bengkalis Riau dari bulan Januari 2020 sampai dengan 21 Mei 2010 (28 Ramadhan 1441 H/ 2020 M) berjumlah Rp1.042.460.625.

Ketua BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bengkalis, Ustadz Ali Ambar, Jum'at (22/5/2020) mengatakan, "Kami mengucapkan terima kasih kepada para Muzzaki dan Munfik yang telah membayarkan Zakat, Infak dan Sedekahnya Melalui BAZNAS Bengkalis, serta pihak-pihak terkait, sekaligus kami mohon doa dan maaf menyambut Idul Fitri 1441 H, semoga Allah SWT membalas dengan keberkahan yang berlipat ganda dan zakat yang kami salurkan semoga dapat membantu kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak Covid-19," ungkap Ali. (Devon).