Usai Gubernur, Wali Kota, Giliran Kapolda Riau Panen Jagung di Agrowisata RA Kopi Aren

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:01:53 WIB

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Ketua Umum Santri Tani Nusantara (SantanNU) Rusli Ahmad, Bendahara Umum SantanNU Alexander Pranoto, dan lainnya memanen jagung di agrowisata RA Kopi Aren Palas Rumbai Pekanbaru, Sabtu (24/10/2020).

Pekanbaru, Detak Indonesia--Nama Agrowisata RA Kopi Aren milik tokoh muda terkenal Riau T Rusli Ahmad SE makin tenar dan populer saja. 

Setelah Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dan Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT panen jagung di kawasan Palas Rumbai Pekanbaru, Riau itu, Sabtu tadi (24/10/2020) giliran Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi yang memanen dan menanam kembali bibit jagung di lokasi agrowisata RA Kopi Aren tersebut. 

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memenuhi undangan Ketua Umum Santri Tani Nusantara (SantanNU) Rusli Ahmad untuk melakukan panen jagung di kawasan Agrowisata RA Kopi Aren, Sabtu (24/10/2020). Selain memetik jagung, Kapolda dan sejumlah tokoh kembali menanam benih jagung di bekas areal yang sudah dipanen.

Sebelum melakukan panen jagung, Kapolda yang tiba di RA Kopi Aren pukul 10.30 WIB sempat berbincang-bincang dengan sejumlah tamu dan tokoh yang hadir sambil menyantap jagung rebus dan soto ayam.

Dalam kesempatan itu, Rusli Ahmad memapar sejumlah program yang sedang disiapkan DPP SantanNU di bidang pertanian dan tanaman pangan. Di antaranya kerja sama dengan sebuah perusahaan di Riau dalam mengelola lahan untuk dijadikan lahan pertanian dan tambak udang di daerah Dumai dan Rohil.

Usai berdialog dan ramah tamah, Kapolda kemudian beranjak menuju lahan kebun jagung yang terletak di bagian depan RA Kopi Aren. Tanaman jagung yang dipanen merupakan lahan yang tiga bulan lalu benihnya ditanam sendiri oleh Kapolda Riau. 

Kapolda memberikan apresiasi kepada SantanNU yang turut berpartisipasi pada program Jaga Kampung dan Ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kapolda Riau bulan Juni lalu.

 "Alhamdulillah program Jaga Kampung yang kita canangkan bulan Juni lalu mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk teman-teman dari SantanNU. Hari ini kita lihat tanaman jagung yang ditanam tiga bulan lalu sudah bisa dipanen," ujar Agung.

Kapolda meyakini, program Jaga Kampung Ketahanan Pangan akan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 yang masih mengancam hingga hari ini.

"Banyak yang sudah kehilangan pekerjaan, namun jika kita mau memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam bahan pangan, maka kita masih dapat bertahan. Karena itu mari sama-sama kita terus gelorakan semangat menanam ini," ajaknya.

Ketua SantanNU Rusli Ahmad menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Kapolda terhadap masyarakat Riau dengan menginstruksikan jajaran kepolisian di daerah ini untuk bersama-sama masyarakat melaksanakan program jaga kampung yang sangat bermanfaat di masa pandemi ini.

Usai memanen jagung, Kapolda didampingi Ketum SantanNU Rusli Ahmad, Bendahara Umum SantanNU Alexander Pranoto, Kepala Bapas Pekanbaru, Patta Helena, Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru M Noer, dan sejumlah tamu lainnya menanam kembali benih jagung di kawasan Agrowisata tersebut. (*/di)