BAN-PT Lakukan Akteditasi di STKIP Rokania

Selasa, 10 November 2020 - 18:24:34 WIB

Pasirpengaraian, Detak Indonesia--,Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah melakukan akreditasi pada Program Studi (Prodi) Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) STKIP Rokania melalui Asesmen Lapangan berbasis daring, (21-22/10/2020) dan Asesmen Lapangan berbasis daring Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (7-8/2020).

Berdasarkan Keputusan BAN-PT Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Program Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memenuhi syarat untuk mendapat peringkat Akreditasi “B” (Baik Sekali).

“Asesor sangat mengapresiasi lulusan STKIP Rokania yang telah banyak bekerja sesuai bidang di Lembaga Pendidikan, bahkan ada beberapa lulusan yang sebelum wisuda telah diterima dan mengajar di beberapa kota di Provinsi Riau, Sumatera Utara, dan beberapa provinsi lainnya di indonesia,” jelas Ketua STKIP Rokania Dr Desmelati MSc.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh civitas Program Studi PGSD dan PBSI, baik dosen, mahasiswa, alumni, maupun stakeholder  namun nilai “B” (Baik Sekali) ini justru menjadi penyemangat bagi saya dan seluruh civitas akademika untuk bisa meraih akreditasi unggul A di akreditasi berikutnya,” tambahnya.

Akreditasi ini sebagai Tolak Ukur

Wakil Ketua I Bidang Akademik Adyanata Lubis MKom menyampaikan akreditasi merupakan sebuah pengakuan bagi program studi dari BAN-PT. Bagi kampus, akreditasi merupakan sebuah pencapaian terhadap peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolaan institusi perguruan tinggi,” tambah Adyanata Lubis.

Sedangkan untuk Akreditasi B (Baik Sekali) yang diperoleh program studi PGSD dan PBSI dapat menjadi tolak ukur bagi stakeholder atau pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak. Selain itu akreditasi juga untuk membantu perguruan tinggi untuk melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban publik STKIP Rokania.

Ini juga menjadi modal dasar bagi generasi kini khususnya di wilayah Rokan Hulu yang akan menempuh Pendidikan tinggi untuk bersaing di tingkat nasional, dan pihaknya akan terus kembangkan, budaya mutu, akademik, penelitian, semaksimal sehingga visi dan misi yang telah dirumuskan dapat tercapai dengan sempurna. (ary)