Rutan Kabanjahe Over Kapasitas

Sabtu, 13 Januari 2018 - 15:17:11 WIB

Kabanjahe, Detak Indonesia--Rutan Kabanjahe dalam waktu dekat akan dapat tambahan personel. Saat ini  Rutan Kabanjahe over kapasitas, dari yang seharusnya hanya dapat menampung 145 orang namun warga binaan (tahanan) saat ini data yang diperoleh dari jumlah tahanan sudah mencapai 399 orang. 

"Selain itu demi menjaga keamanan maka Rutan Kabanjahe akan menambah personel dalam waktu dekat ini," kata Kepala Rutan kabanjahe Theo Adrianus Amd Ip SH MH.

"Warga binaan di Rutan Kabanjahe saat ini sudah berjumlah 399 orang yang terdiri dari warga binaan laki-laki sebanyak 371 orang dan perempuan 28 orang. Sedangkan kamar hunian (ruang tahanan) kita hanya berjumlah sembilan kamar, enam di antaranya untuk laki-laki dan tiga untuk wanita setiap kamarnya berisi kurang lebih 70 orang," tambah Theo Adrianus kepada awak media saat berkeliling memantau situasi rutan di Jalan Bhayangkara Kabanjahe, Selasa lalu (9/1/2018).

Theo menambahkan kendala kelebihan over kapasitas tahanan tersebut menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas serta jumlah kebutuhan air, dan makanan baik tempat tidur untuk 399 warga binaan terhitung sangat tinggi termasuk sampah yang melimpah di tahanan sehingga mau membinapun menjadi kesusahan. 

Di sela-sela wawancara dengan Karutan salah satu warga binaan mengatakan sedikit kegiatan rutinnya di lembaga pemasyarakatan ini.

 ","photo":"/images/news/7no5asofvz/13-rutan.jpg","caption":"Kepala Rutan Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo, Sumut memberi arahan kepada petugas lapas.(pmg/Detak Indonesia.co.id)"},{"body":"

"Setiap pagi hari kita melaksanakan senam kesegaran jasmani dan kegiatan apel disusul arahan dari Ka Rutan di lapangan ini. Di siang hari lapangan kita gunakan untuk menjemur pakaian, jadi lapangan ini jadi lapangan serba guna," jelasnya sambil tertawa.

Lanjut Theo lagi, Sedangkan warga binaan yang telah dijatuhi vonis oleh pengadilan yang mendapat hukuman mulai dari empat sampai 17 tahun itu akan dipindahkan atau dimutasikan dari Lapas kelas 2B Kabanjahe ke Lapas Kelas 1 Medan di Tanjung Gusta dan juga ke Lapas Narkotika Pematang Raya seperti yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu yang mengirim 20 tahanan. 

Maka Untuk meminimalisir terulangnya kejadian tahanan yang sempat mencoba melarikan diri Oktober lalu 2017. Rutan Kabanjahe dipasang kawat duri dan CCTV. 

"Sebagai peningkatan pengamanan tambahan, kita telah memasang kawat duri untuk memperketat pengamanan dan mempersulit ruang gerak warga binaan yang punya niat untuk melarikan diri. Di rutan ini ada kamera CCTV yang berjumlah 16 unit di beberapa titik rawan untuk memantau situasi di se putaran Rutan Kabanjahe," tutupnya.(pmg)

 ","photo":"/images/news/7no5asofvz/13-rutan400.jpg","caption":"Warga binaan melakukan senam kesegaran jasmani.