141 TKI dan TKW Ditangkap di Dumai

Ahad, 22 Januari 2017 - 07:24:25 WIB

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai sedang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para TKI dan TKW yang ditangkap.(Foto Humas KKP Dumai)

Dumai, Detak Indonesia-Sekitar 141 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ditangkap di Dumai, Riau, Jumat (20/1/2017) sekira pukul 17.30 WIB.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai mendapatkan info dari Kepala Bea Cukai Dumai, bahwa telah ditangkap sebuah kapal kecil KM Bakhtera berisi 141 orang penumpang terdiri dari TKI/TKW asal Port Klang Malaysia 141 orang itu terdiri dari 30 perempuan, 109 laki-laki, dua orang anak-anak dengan lima orang awak kapal. Mereka ditangkap patroli Bea Cukai Dumai di perairan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau.


Menurut keterangan awak kapal,  perjalanan dari Port Klang mau kembali ke Indonesia melalui Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara. Setelah dimintai keterangan para TKI/TKI ini mengatakan bahwa mereka ingin pulang ke Indonesia  atas keinginan sendiri dan ada juga yang lari dari majikannya. 

Dari hasil pemeriksaan surat-surat terlihat asal daerah para TKI/TKW dari Aceh, Medan, Lampung dan Jawa. Kapal tertangkap saat patroli Bea Cukai dan Kepala Bea Cukai langsung menghubungi kepala KKP Dumai mohon bantuan pemeriksaan kesehatan melihat kondisi para TKI/TKW mulai lemah. Bahkan ada dua orang yang sedang hamil. 

Pukul 19.30 Tim Kesehatan KKP sudah siap menyambut kedatangan kapal tangkapan tersebut dan menyiapkan petugas serta ambulan. Pemeriksaan kesehatan berakhir pada pukul 24.00 WIB. Kepala KKP Dumai H Efrizon Taher  SKM MKes mengatakan koordinasi seperti ini selalu dilakukan di wilayah Pelabuhan Dumai.

"Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai memang menjadi bagian Port Security Team (Tim Keamanan Pelabuhan) bersama dengan empat institusi lainnya yaitu Pol Air, Angkatan Laut, Imigrasi dan Bea Cukai)," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan tidak terdapat penyakit yang mengkhawatirkan,  hanya lemah karena perjalanan. Setelah observasi pulih kembali, jelas Efrizon. Setelah semua diperiksa, para TKI/TKW ini dibawa ke kantor Imigrasi Dumai untuk proses selanjutnya. Sementara lima awak kapal, diamankan di Polsek Pelabuhan Dumai.(ri)","photo":"/images/news/jzife/22-tki-ditangkapok.jpg","caption":"Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai sedang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para TKI dan TKW yang ditangkap.(Foto Humas KKP Dumai)