KPU Karo Segera Lakukan Coklit

Rabu, 17 Januari 2018 - 21:42:58 WIB

Kabanjahe, Detak Indonesia--Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak menegaskan bahwa tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih merupakan bagian yang sangat vital suksesnya Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.  

Maka gerakan Coklit akan digelar serentak di 31 provinsi, 381 kabupaten/kota, menandai pelaksanaan pilkada serentak 2018.  

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo akan melaksanakan gerakan coklit serentak pada Sabtu (20/1/2018) sebagai momentum bagi masyarakat untuk mengetahui di awal apakah mereka terdaftar atau tidak dalam proses pemutahiran data pemilih. 

Rahel Sukatendel SSos MSi Komisioner KPU Kabupaten Karo menerangkan gerakan coklit ini merupakan bagian upaya KPU Kabupaten Karo untuk menyempurnakan data pemilih sebelum ditetapkan menjadi data pemilih tetap, maka dalam sosialisasi dan informasinya tentang gerakan coklit serentak yang akan dilaksanakan oleh Komisioner KPU Karo bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan  Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) lebih jelasnya akan dilaksanakan Sabtu (20/1/2018) di Kabupaten Karo.

Menurut Rahel lagi dalam coklit serentak ini pihaknya juga akan mendatangi pemilih potensial seperti di antaranya, para tokoh masyarakat, artis, tokoh inspirasi, pemilih pemula dan pengungsi agar ikut mendukung gerakan coklit serentak KPU Karo. 

Dalam hal ini setiap Komisioner akan mendatangi minimal lima rumah. Gerakan coklit ini, diharapkan memberikan signal bagi masyarakat untuk aktif dan mengetahui diawal mereka sudah terdaftar sebagai pemilih.

"Setelah coklit serentak, PPDP akan melanjutkan mendatangi rumah rumah penduduk melakukan pengecekan dan pencocokan sampai tanggal 18 Februari 2018. Apakah memang benar nama-nama penduduk tersebut masih layak atau masih terdaftar sebagai pemilih di desa itu atau tidak. Karena bisa jadi warga tersebut sudah berpindah domisili atau meninggal,“ tegas Rahel mengahiri ucapannya melalui selulernya Rabu (17/1/2018).(pmg)


 ","photo":"/images/news/ugn1aecy7o/17-kpu-karo-450.jpg","caption":"Komisioner KPU Karo Rahel Sukatendel SSos MSI Divisi SDM dan Parmas.(pmg/Detak Indonesia.co.id)