Gaya Kepemimpinan Erdogan Menjadi Inspirasi Syamsuar

SIAK, Detakindonesia - Kemajuan Pesat yang dicapai Turki dewasa ini dikancah Internasional, menginspirasi pemimpin Negeri Istana untuk turut menjadikan cerita sukses kepemimpinan Presiden Erdogan sebagai iktibar. Menurut Syamsuar, beberapa hal kata dia yang harus ditiru dari Turki, misalnya bagaimana dakwah kekuasaan untuk ummat dan meningkatkan kesejahteraan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Hal tersebut disampaikan Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura, (26/6/18).

 “Turki kini telah menjelma menjadi Negara maju dan sejajar dengan Amerika. Saya pernah mendengar langsung presentasi Walikota dari Turki disuatu acara di Banda Aceh. Mereka pariwisatanya amat maju, pandai mengemas budaya sehingga menjadi daya tarik pariwisata. Angka kunjungan wisatawannya kini lebih banyak dari jumlah masyarakat. Berkahnya ada pada anak-anak mudanya cinta masjid dan tradisi bersedekah amat hidup dinegara itu” sebut Syamsuar.

Dijadikannya cerita sukses Turki sebagai acuan, disebutkan Syamsuar tak terlepas dari visi dan potensi Kabupaten Siak yang memiliki persamaan dengan Negara bekas Kesultanan Turki Utsmani itu. Diantaranya kemiripan latar belakang sebagai negeri bersejarah yang pernah dipimpin Kesultanan Islam, generasi muda yang tumbuh dengan alam berfikir yang maju, serta kekayaan potensi pariwisata berbasis sejarah budaya dan reliji.

“Kita kalau mau cerita peningkatan ekonomi tapi ibadah kita belum meningkat, ya mustahil rasanya. Disatu sisi kesadaran berzakat sudah luar biasa di Siak, angka keberangkatan jamaah umrah juga sangat tinggi sampai travel umrah bertumbuh hingga kecamatan-kecamatan. Namun budaya bersedekah juga perlu kita hidupkan, sebagaimana dahulu misalnya ada tradisi sedekah pisang. Demikian juga gerakan memakmurkan masjid khususnya anak muda juga perlu kita galakkan” kata Syamsuar.

Untuk menggerakkan kaum muslimin bersedekah dan anak muda ini di Siak semakin dekat dengan masjid, Bupati Syamsuar dalam kesempatan itu menugaskan jajaran terkait dilingkungan Pemkab untuk bekerjasama dengan LAMR Kabupaten Siak dan Kemenag untuk melakukan pendekatan dakwah dengan anak muda.

“Disiak ini dana pengumpulan zakatnya kita terbesar di Riau, untuk gerakan wakaf kita juga sudah hidup. Desa Sakinah kita punya, mari kedepan kita hidupkan gerakan bersedekah untuk menggerakkan ekonomi bangsa serta mengajak anak-anak muda kita agar semakin dekat dengan Mesjid. Kalau masjid ramai terus seramai Bulan Suci Ramadhan, InsyaAllah senantiasa turun berkah untuk negeri kita” ajak Syam.

Dalam majlis Silahturrahim dan Halal Bi Halal Pemkab Siak bersama masyarakat yang digelar di panggung Siak bermadah tersebut, turut hadir sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Diantaranya Wakil Bupati Siak H. Alfedri. Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Ketua LAM RIAU Kabupaten Siak Wan Said, sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Siak dan Forkompinda serta diramaikan berbagai lapisan masyarakat.(Adifa)

Foto Syamsuar saat halal Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura, (26/6/18).
Foto bersama Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura
Foto Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura
Foto Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura
Foto Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura
Foto Syamsuar bersempena pelaksanaan Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat di Siak Sri Indrapura