11 dari 13 UPTD SPAM Siak Telah Beroprasi dan Mampu Hasilkan PAD Hingga 8,1 Milyar

SIAK, Detakindonesia.co.id -- Melirik salah satu terobosan Program Pemerintah Kabupaten Siak dalam mewujudkan pembangunan fasilitas air bersih yang bernaung dibawah dinas PU Tarukim Kabupaten Siak yang saat ini dijabat H Irving Kahar Arifin terus memperlihatkan hasil kinerjanya, dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kesemerataan pembangunan fasilitas layanan Air Bersih tersebut terus digesa pembangunannya. 

Pemerintah Kabupaten Siak memiliki 14 Kecamatan. Pada tahun 2018 ini Kabupaten Siak sudah memiliki 13 bangunan UPTD SPAM, 11 bangunan UPTD SPAM telah beroperasi, dua bangunan UPTD SPAM dikabarkan akan segera beroperasi, dua bangunan UPTD SPAM tersebut berada di Wilayah Kecamatan Sabak Auh dan Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Dari keterangan Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten H Irving Kahar Arifin Siak melalui Kepala Seksi (Kasi) Air Bersih Amir Faizal memaparkan kepada awak media Detakindonesia.co.id Senin (1/7/2018), UPTD SPAM Siak Tidak saja meningkatkan pelayanan, namun pengembangan pembangunan PDAM juga terus dilakukan, guna kesemerataan layanan kepada masyarakat terus teralisasi dalam ketersediaan Air Besih tersebut.

"Kita dari Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak terus meningkatkan kualitas dan pelayanan dalam ketersediaan Air Bersih. Karena ini salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dalam ketersediaan Air Bersih untuk masyarakat. tentunya dengan mempercepat segala aspek yang ada, salah satunya mendirikan bangunan UPTD SPAM disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. 

"Target kita dari Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak, secara keseluruhan di 14 Kecamatan yang ada harus ada bangunan ketersediaan Air Bersih. Saat ini, hanya satu Kecamatan yang belum ada bangunan UPTD SPAM, yaitu Kecamatan Kerinci Kanan, insyaallah segera teralisasi. Dari 13 bangunan UPTD SPAM, 11 bangunan yang ada sudah beroperasi. Secara total masyarakat pengguna Air Bersih UPTD SPAM sudah mencapai angka 13 persen dari koata rumah yang ada di Kabupaten Siak, dengan total 10800 Sambungan Rumah (SR)," pungkasnya. 

Diketahui, sejak berdirinya UPTD SPAM pada tahun 1998 dimasa Pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Pada Tahun 2002 Pemerintah Kabupaten Siak terus melakukan pengembangan. Pada Tahun 2018 UPTD SPAM Pemerintah Kabupaten Siak telah berhasil melakukan pengembangkan, kini 13 bangunan sudah tersedia yang berada di 13 Kecamatan, 11 bangunan sudah beroperasi.

Sejalan waktu. Pada tahun 2017 UPTD SPAM Kabupaten Siak telah mampu memberikan Kuntribusi PAD, dari target yang dicanangkan Pemkab Siak Sebesar 7,6 Milyar, UPTD SPAM mampu memberikan realisasi PAD di angka 8,1 Milyar dan mampu melebihi dari target yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Siak.

Amir Faizal menambahkan," Pada Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Siak mentargetkan PAD dari UPTD SPAM diangka 8,1 Milyar. Saat ini, dari target yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Siak sudah mencapai angka 4,1 Milyar. 

"Untuk pengembangan sambungan UPTD SPAM kepada masyarakat pada Tahun 2018 ini, target penambahan kita sebanyak 800 Sambungan Rumah (SR) secara keseluruhan, tentunya ini akan menjadi prioritas kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar realisasi pemasangan sambungan rumah baru diharapkan bisa terselesaikan dengan baik.

"Melirik dari perkembangan yang ada, kami selaku pihak UPTD SPAM Kabupaten Siak akan tetap optimis untuk mencapai target PAD yang sudah dicanangkan pemerintah, dan malah, kami juga optimis mendapatkan kenaikan angka PAD sebesar 10 persen, dan angka 10 persen ini, insyallah kita nyatakan aman," tukasnya.(Adifa)

Penandatanganan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dengan Dirjen Cipta Karya Dalam Pengembangan SPAM (Sistem Penyedia Air Minum) di Kementrian PU.
Kasi PDAM Siak Amir Faizal melakukan pengontrolan air bersih secara rutin
Pengecekan sefty control filter air bersih.
Lokasi bangunan SPAM IKK (Sisyem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan Sabak Auh)
Pemasangan pengembangan istalasi PIPA air bersih
Penambahan tabung filter air bersih, guna meningkatkan kualitas air bersih
Bangunan istalasi pengolahan air Spam IKK Kecamatan Pusako