JADI PILOT PROJECT

Sekdakab Rohul Tanam  Perdana Sawit Rakyat Program Nasional

Di Baca : 2637 Kali
Sekdakab Rohul M Haris Nst, didampingi Kadisbun dan Peternakan Rohul Sri Hardono, dan pimpinan PT Buana Orbit Sejahtera (BOS) Alexander Pranoto dan jajarannya Antoni, Effendi dan lain-lain, Camat Kunto Darusalam Ruslan SSos, Kades Bukit Intan Makmur Condr

Kunto Darusalam, Detak Indonesia--Proyek Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang merupakan program Nasional Pemerinrah Indonesia  dilakukan secara seremoni penanaman perdana secara simbolis oleh Bupati Rohul diwakili Sekdakab Rokanhulu Riau Abdul Haris Nst SSos di Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darusalam Kabupaten Rokanhulu, Riau, Rabu (6/3/2019).

Sekdakab Rohul M Haris Nst, didampingi Kadisbun dan Peternakan Rohul Sri Hardono, dan pimpinan PT Buana Orbit Sejahtera (BOS) Alexander Pranoto dan jajarannya Antoni, Effendi dan lain-lain, Camat Kunto Darusalam Ruslan SSos, Kades Bukit Intan Makmur Nasta'in, sejumlah Ketua KUD, Ketua Kelompok Tani, dan ratusan petani serta keluarga petani.

Menurut Ketua KUD Intan Makmur Heri Suprapto dalam sambutannya menjelaskan 682 ha sudah 75 persen untuk penanaman. Seharusnya penanaman 21 Februari 2019 namun ditunda. April 2019 nanti target tertanam 80 persen. Mei 2019 akan selesai penanaman 682 ha ini.

"Doa kami semoga kegiatan ini berjalan baik, dengan niat baik dan tujuan baik semoga sukses," kata Heri Suprapto.

Sekdakab Rohul Riau, H Abdul Haris Nst SSos dalam sambutannya menegaskan PSR program unggulan Pemerintah Indonesia. Ini diberi kepercayaan kepada BPDPKS mengelola. Pemerintqh berfikir memungut dari hasil ekspor untuk pengembangan, sosialidasi, dan kebun sawit luasnya sudah 18 juta ha di Indonesia.

Selain peremajaan sawit rakyat di sela tanaman sawit juga ditanam jagung bantuan Pemerintah/Disbun kepada petani di lahan KUD Intan Makmur seluas 682 ha

"Kita bersyukur atas pemikiran Pemerintah atas program ini. Tak ada yang mau membantu Rp25 juta per ha untuk peremajaan sawit rakyat ini. Itulah Pemerintah sangat paham sekalindalam pengelolaan PSR ini walaunada kerumitan tapi itu agar program berjalan dengan baik," kata Sekdakab Rohul Abdul Haris Nst SSos.

Kepada semua koperasi yang hadir, Sekdakab Rohul Riau ini berharap proses ini berjalan dengan baik seluruh desa di Rohul juga menikmati. Dana peremajaan sawit rakyat dari Pemerintah ini sekitar Rp25 juta per ha, agar dinikmati petani dan itu tidak dikembalikan. Di Rohul ini ada sekitar 4.000 ha kebun kelapa sawit yang sudah berumur di atas 25 tahun  yang akan diremajakan. Kegiatan ini diharapkan menjadi pilot project (proyek percontohan). (azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar