27 Kasus Karlahut di Riau di Proses

Gelar Preskon bersama Puluhan Awak Media Berikut Tindakan Kapolda Riau Terkait Karlahut 

Di Baca : 1815 Kali
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto Dampingi Kapolda Riau di Preskon Karlahut, AKP Hidayat Pimpin Pengamanan lokasi

Laporan Adifa Detak Indonesia. 

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Jum'at 09 Agustus 2019 sekira pukul 10.00 WIB. Pelaksanaan konferensi Pers Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM terkait Kebakaran Lahan dan Hutan yang bertempat di Jalan Air Hitam RT 06 RW 03 Kelurahan Bandarraya, Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru berlangsung sukses.

Kegiatan Konferensi Pers didampingi PJU Polda Riau seperti Irwasda Polda Riau Kombes Pol HM Zainul Muttaqien SH SIK MAP, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto yang juga didampingi Kapolresta Pekanbaru 
Kombes Pol Susanto SIK SH MH serta Kapolsek Payung Sekaki AKP Hidayat Perdana SH SIK.

Dari pantauan awak Media Detak Indonesia. Dalam kegiatan Konferensi Pers tersebut tampak hadir Dinas BPBD Kota Pekanbaru serta Tim Manggala Agni serta diikuti puluhan awak media Televisi, Media Elektronik, Media Cetak serta Media Online. 

Didepan Awak Media Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo MM menyampaikan. "Dalam Konferensi Pers ini, terkait dengan pelaksanaan penegakan Hukum Karhutlah di Wilayah Polda Riau perlu rekan media ketahui ada tiga hal besar yang dilakukan Polda Riau berkaitan dengan penyikapan masalah Karhutlah" ujar Kapolda Riau. 

1. Tindakan Preemtif itu sudah dan sedang akan terus dilakukan contohnya mengadakan binluh terhadap masyarakat, membagikan selebaran anket, mengajak masyarakat untuk diberikan pemahaman, memberikan replet, taplet agar tidak melakukan pembakaran itu sudah sedang akan terus dilakukan di pelosok-pelosok Desa.

2. Tindakan Preventif melakukan Patroli sinergitas, Patroli dialogis gabungan baik TNI, Pemprov, BMKG, BPBD,  Manggala agni, Masyarakat Peduli Api, dan pihak Perusahaan.

3. Penegakan hukum, Perlu rekan2 media diketahui kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polda Riau hampir seluruh Kabupaten Kota mengalami bahkan di kota Pekanbaru yang kita berdiri ini masuk wilayah kota Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombespol Susanto yang didampingi Kapolsek Payung Sekaki AKP Hidayat Perdana melakukan penyiraman air di lokasi lahan.

"Idealnya di Kota Palelawan karena sekarang Palelawan sedang menjadi primadona dengan baru ini khususnya di daerah langgam sangat hebat kebakarannya. Itu dikarenakan waktu dan jarak tempuh kita ambil yang dekat saja dengan tidak mengambil seting didalam ruangan tapi langsung dilapangan seperti ini untuk menggambarkan kepada masyarakat bahwa Polda Riau sudah bekerja" terangnya.

Diketahui. Polri dalam hal ini khususnya Polda Riau dari Penyidik Polres Palelawan kemudian di Bick Up Penyidik dari Dit Reskrimsus Polda Riau telah melakukan penegakan Hukum terhadap tersangka perorangan. Saat ini ada 27 tersangka tersebar di seluruh Kabupaten Kota dan sudah ditangani oleh Polres setempat.

Sebagai contoh di Dumai ada tiga kasus,  Palelawan, Rohil, Bengkalis semuanya ada 27 kasus yang telah melanggar Pasal dalam Undang-Undang No.32 Tahun 2009 Tentang Pengolahan Hutan dan Lahan.

"Kemudian terhadap untuk Korporasi telah ditetapkan Tsk korporasi dari PT. SSS ini sudah tahap penyidikan karena dari hasil penyelidikan sdh cukup bukti dan sedang berproses," tegas Kapolda Riau.

Mengingat kebakaran hutan dan lahan tidak mungkin dikerjakan oleh Polda Riau sendiri, Polda Riau bekerjasama terutama untuk mengetahui Hot Spot dibantu oleh dua masukan dari BMKG, BPBD dua lembaga ini memiliki alat satelit.

Selanjutnya Kapolda Riau bersama PJU Polda Riau meninjau lokasi bekas karhutlah di jalan Air Hitam serta melakukan penyemprotan pendinginan untuk mencegah sewaktu waktu api bisa muncul kembali dikarenakan lahan tersebut struktur gambut.

Di lokasi kegiatan, Pengamanan dilokasi dipimpin Kapolsek Payung Sekaki AKP Hidayat Perdana SH SIK. Sekira Pukul 10.50 WIB. Konferensi Pers selesai, Kapolda Riau beserta PJU Polda Riau meninggalkan lokasi, selama kegiatan berlangsung situasi aman terkendali. (Lipsus)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar