KORAMIL 01 BENGKALIS BANTU TINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK

Dispersip Bengkalis Bersinergi dengan Koramil 01

Di Baca : 1368 Kali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis bersinergi dengan Koramil 01 Bengkalis, Senin (10/2/2020). (Devon/DetakIndonesia.co.id). 

Bengkalis, Detak Indonesia – Senin (10/2/2020) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis, Riau melakukan kunjungannya ke Komando Distrik Militer 0303/BKLS, Komando Rayon Militer 01, yang berada di Jalan Pahlawan No. 01 Bengkalis.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan kerjasama antara Dispersip Bengkalis dengan Koramil 01 Bengkalis dalam bentuk pinjam pakai buku perpustakaan, dikarenakan kurangnya buku untuk perpustakaan keliling Koramil 01 yang sudah berjalan beberapa tahun ini.

Buku pinjam pakai tersebut berjumlah 152 judul terdiri dari  200 eksemplar dimana 1 judul ada terdiri dari beberapa buku. Buku ini akan ditukar setiap tiga bulan sekali, agar saat mendatangi tempat yang sama tidak terjadi kebosanan anak-anak saat membaca bukunya.  

Tujuan utama Koramil 01 Bengkalis dengan Dipersip Bengkalis ialah untuk meningkatkan minat baca kepada anak-anak. Buku yang dipinjam pakai dari perpustakaan ini rata-rata buku cerita bergambar, yang isi di dalam buku tersebut mengandung tentang nilai sejarah Indonesia, tentang akhlak, budaya dan lain sebagainya.

Sosialisasi minat baca ini akan dilakukan oleh Koramil 01 Bengkalis dengan Dispersip Bengkalis ke desa-desa, di mana tempat yang akan dikunjungi nanti akan didampingi oleh Babinsa (Bintara Pembina Desa).

Danramil 01 Bengkalis, Mayor Arm B Tambunan SE mengatakan sangat senang sekali atau berbangga sekali dengan sambutan yang hangat dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, atas surat yang Koramil 01 yang dikirimkan ke dinas untuk peminjaman buku bacaan, untuk keliling.ke sekolah-sekolah.

"Program ini, kita dari pihak TNI untuk membantu Pemerintah meningkatkan minat baca kepada anak-anak kita terutama tingkat SD dan SMP, sehingga dengan berkembangnya dunia maya sekarang banyak anak-anak kita yang melupakan buku, tapi dengan kita berkeliling ke sekolah-sekolah minat baca ini bisa kita tingkatkan kembali kepada anak-anak . Tujuan utama kita adalah meningkatkan minat baca kepada anak-anak kita dari usia dini, sehingga ke depannya ilmu dapat dipenuhi dengan membaca buku-buku yang lebih bermanfaat ke depannya," kata Tambunan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, H Suwarto menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Koramil 01 Bengkalis, yaitu untuk meminjam buku perpustakaan, ini merupakan salah satu program Dispersip Bengkalis dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Artinya dalam hal ini antara Dinas Perpustakaan dan Koramil sudah satu persepsi, bagaimana meningkatkan minat baca kepada masyarakat.

"Alhamdulillah dengan ditandatanganinya MoU kita pada hari ini, antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkalis dengan perpanjangan tangan kita Koramil 01 Bengkalis untuk mencerdaskan masyarakat Bengkalis itu sendiri, terima kasih yang tiada terhingga kepada Koramil 01 Bengkalis yang telah siap membantu kita dalam mencerdaskan masyarakat”, kata Suwarto. (devon)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar