POTENSI BAHAYA ABRASI

BPBD Minta Warga Kebumen Waspadai Gelombang Tinggi Pantai Suwuk

Di Baca : 879 Kali
Analisis inaRISK, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah memiliki kawasan pesisir pantai yang rawan abrasi. Potensi bahaya abrasi sepanjang pantai itu berada di wilayah 7 kecamatan, antara lain Kecamatan Puring yang mengalami abrasi pada Minggu sore (1/8/2021). (F

Kebumen, Detak Indonesia – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen mengingatkan warganya yang beraktivitas di tepi pantai Suwuk untuk waspada terhadap gelombang tinggi. Fenomena alam ini juga menyebabkan abrasi di kawasan tersebut.

BPBD Kabupaten Kebumen menyebutkan gelombang tinggi dipicu oleh cuaca ekstrem pada Minggu sore (1/8/2021), pukul 15.40 WIB. Kawasan pesisir pantai yang terdampak berada di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Saat berada di lokasi tersebut, petugas BPBD juga mengimbau warga yang beraktivitas di laut untuk menggunakan pelampung maupun alat keselamatan lainnya.  

Hasil kaji cepat lapangan BPBD mencatat sebanyak 40 kios tertimbun pasir dengan ketinggian timbunan 15 cm, jalan paving desa tergerus gelombang air pantai dan beberapa kios bambu rusak.

Melihat analisis inaRISK, Kabupaten Kebumen memiliki kawasan pesisir pantai yang rawan abrasi. Potensi bahaya abrasi sepanjang pantai itu berada di wilayah 7 kecamatan, antara lain Kecamatan Puring yang mengalami abrasi pada Minggu sore (1/8/2021). (*/jui)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar