Waspada, Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari

Tanggul Sungai Kemuning Jebol, 112 Rumah Terendam Banjir di Bogor

Di Baca : 657 Kali
Tanggul Sungai Kemuning di Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat jebol, 112 rumah terendam banjir Selasa (19/10/2021). Pantauan BMKG Kamis ini (21/10/2021) Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang d

Bogor, Detak Indonesia--Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (19/10/2021) pukul 18.00 WIB, telah menyebabkan Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  terendam banjir dengan tinggi muka air berkisar antara 20-40 Cm.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, banjir yang melanda Kecamatan Bojong Gede tidak hanya terjadi akibat curah hujan tinggi, juga disertai dengan tingginya debit air Kali Kemuning sehingga membuat jebol tanggul penahan kali. Kerugian materil setidaknya 112 unit rumah masih dalam pendataan dan 450 jiwa terdampak pada peristiwa tersebut. Kondisi  terkini genangan air telah surut.

BPBD Kabupaten Bogor bersama instansi terkait telah melakukan asesmen ke lokasi untuk selanjutnya melakukan proses rehabilitasi dengan menutup tanggul yang jebol serta melakukan evakuasi di daerah terdampak bencana.

Sementara itu, pantauan prakiraan cuaca BMKG pada Kamis (21/10/2021), Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari, sedangkan esok hari Jumat (22/10/2021) berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Merujuk hasil analisa InaRisk Kabupaten Bogor memiliki 37 Kecamatan yang berisiko kategori banjir dengan tingkat bahaya sedang hingga tinggi. BNPB mengimbau masyarakat melakukan upaya Pencegahan Bencana Hidrometeorologi dengan membersihkan saluran air dan membuat daerah resapan air serta dengan tidak membuang sampah di area Daerah Aliran Sungai (DAS). (*/jui) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar