CERAMAH OLEH USTAD NAZRIL ABDUL MULUK LC MA

Kejati Riau Gelar Pengajian dan Ceramah Sambut Bulan Suci Ramadan 1444 H

Di Baca : 397 Kali
Kegiatan pengajian dan ceramah menyambut bulan Suci Ramadan 1444H/2023M diawali sambutan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr Supardi di Masjid Al Mizan Kejati Riau di Pekanbaru, Senin (13/3/2023). (Dok. Kasipenkum Kejati Riau)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Senin 13 Maret 2023 sekira pukul 08.00 WIB s/d selesai bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau, Pekanbaru telah dilaksanakan Pengajian dan Ceramah dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444H/2023M yang disampaikan oleh Ustad Nazril Abdul Muluk Lc MA dengan tema “Bersyukur dan Bersabar”.

Hadir dalam kegiatan yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr Supardi, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas SH MH, para Asisten dan Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Riau, Ketua IAD Wilayah Riau, Wakil Ketua IAD Wilayah Riau dan seluruh Pegawai Kejaksaan Tinggi Riau.

Kegiatan pengajian dan ceramah dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan 1444H/2023M diawali dengan sambutan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr Supardi menyampaikan segala bentuk ibadah kita harus ditingkatkan, karena kita harus berlatih sebelum datangnya bulan suci Ramadan, yang belum sholat tahajud mulai lah sholat tahajud dan biasa tidak mengerjakan sholat sunnah rawatib maka di bulan Ramadan mulailah mengerjakan sholat sunnah rawatib, tingkatkan berzikir di bulan Ramadan nantinya agar kita mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan suci Ramadan.

Kegiatan pengajian dan ceramah dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan 1444H/2023M dilanjutkan penyampaian ceramah oleh Ustad Nazril Abdul Muluk Lc MA. Dalam penyampaiannya Ustad Nazril Abdul Muluk Lc MA menyampaikan saat seseorang sedang ditimpa musibah, maka orang itu bersabar atas segala cobaan tersebut. Namun setelah itu ia pun harus mengucap syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan selama itu. Karena dengan bersyukur maka Allah SWT akan tambahkan nikmatnya.

Sebagaimana firman Allah SWT, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka pasti Aku akan menambah (nikmat) kepadamu,” (QS. Ibrahim: 7).

Kebanyakan dari kita, saat mendapat cobaan kita terus mengelus dada seraya berucap sabar, tetapi melupakan nikmat lain yang Allah telah berikan selama ini. Syukur dan sabar sepertinya bisa dikatakan sebagai dua sisi mata uang yang tidak dapat terpisahkan.

Kemudian Ustad Nazril Abdul Muluk Lc MA menyampaikan bersyukur atas segala nikmat Allah SWT merupakan kewajiban bagi setiap hamba yang beriman. Firman Allah SWT, “Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu kufur (ingkar) kepada-Ku,” (QS Al Baqarah 152). Dalam keadaan senang, kita tidak hanya dituntut untuk bersyukur agar mendapat nikmat lebih, namun juga bersabar.

Selanjutnya Ustad Nazril Abdul Muluk Lc MA menyampaikan kalau kita sedang sedih dan terluka, langsung kita sholat maka senang lah hati kita, sama seperti sahabat Nabi Muhammad SAW jika akan melaksanakan perang terlebih dahulu mereka melakukan shalat agar ada ketenangan di hati mereka. Orang sholat memang belum tentu menjadi kaya, namun orang yang sholat selalu diberikan jalan keluar di setiap masalah yang dihadapinya, harta yang dimiliki belum tentu membuat kita bahagia mungkin di saat pertama kali kita memilikinya mungkin hati sangat senang namun di beberapa saat senang itu akan hilang karena sudah merasa biasa.

Dan yang tidak kalah penting yang harus kita jaga di bulan Ramadan ialah lisan kita saat berucap. Rasulullah berkata orang yang bergunjing sesungguhnya dosa nya lebih besar dari pada orang yang berzina, karena jika orang berzina bisa langsung meminta maaf kepada Allah SWT, sedangkan orang-orang yang bergunjing harus meminta maaf dengan orang yang digunjingkan agar dosanya diampunkan.

Dengan dilaksanakan pengajian ini diharapkan pegawai Kejaksaan Tinggi Riau dapat selalu menjaga lisan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan wasilah ucapan-ucapan baik yang kita lontarkan kepada seluruh manusia di muka bumi.

Kegiatan pengajian dan ceramah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444H/2023M bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau mengikuti secara ketat protokol kesehatan (prokes). (*/rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar