Galeri Foto

Pemkab Siak Kembali Mendulang Sukses, Event TDSi Telah Resmi Legal UCI

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia -- Pemerintah Kabupaten Siak Riau kembali mendulang kesuksesan dalam mentaja event Tour De Siak (TDSi) 2018. Kenapa tidak, perjuangan pemerintah Kabupaten Siak dalam penggelaran event perlombaan balap sepeda yang berskala Internasional terjawab sudah keberhasilannya.

Dalam sejarahnya, sejak event Tour De Siak mulai diselenggarakan pada 2013. Tahun 2018 ini, event Tour de Siak sudah keenam kalinya dihelat, event Tour De Siak 2018 yang dihelat pemerintah Kabupaten Siak akhirnya resmi masuk dalam Kalender event Union Cycliste Internationale (UCI), yang mana UCI merupakan salah satu lembaga yang mengkoordinasikan perlombaan balap sepeda yang ada di Dunia, baik secara Nasional maupun Internasional.

Seperti yang dijelaskan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi kala pembukaan event Tour De Siak 2018 menyebutkan bahwa, event Tour De Siak sudah memasuki tahun keenam, dan ditaja pemerintah di setiap tahunnya, pertama kalinya dihelat pada tahun 2013 lalu," ujar Syamsuar.

Sejalannya waktu, pada tahun 2018 secara resmi, event Tour De Siak 2018 resmi masuk di Kalender UCI. Artinya para pembalap sepeda yang mengikuti event Tour de Siak pada tahun 2018 ini, bilamana mampu meraih kemenangan, para pembalap yang menang mendapatkan POIN dari UCI.

"Bisa kami sampaikan, event Tour De Siak 2018 merupakan salah satu awal dari jawaban keberhasilan pemerintah Kabupaten Siak, event Tour De Siak sudah sama dengan Tour De Singkarak yang sama sama masuk menjadi event Internasional dan masuk di Kalender UCI," ujar Syamsuar.

"Harapan kita melalui event Tour De Siak 2018 yang berskala Internasional, bisa menjadi alat promosi kita untuk mengenalkan Pariwisata Daerah yang ada di Kabupaten Siak, baik secara Nasional maupun Internasional. Tujuan utama Pemerintah tentunya meningkatkan kunjungan para Wisatawan lokal maupun Wisatawan Asing, agar datang berkunjung di Kabupaten Siak," harapnya.

Ditempat terpisah, Kadispar Siak Fauzi Azni menambahkan,pada tahun 2018 ini, Tour De Siak 2018 mempu menjadi magnet tersendiri dari Tim Asing yang ingin berlaga di event Tour De Siak. Sesuai data Tim yang masuk ke Panitia penyelenggara, sebanyak 19 Tim yang ingin berkompetisi di event Tour De Siak 2018, setelah dilakukan evaluasi, Tim Asing yang ikut menjadi 9 Tim, sedangkan untuk Tim Dalam Negeri sebanyak 5 Tim. Para pembalap yang mengikuti event akan melakukan empat Etape," terang Kadispar Siak.

"Etape satu Siak Dayun sebanyak tiga lap dengan jarak tempuh 154,12 km. Etape kedua, Siak Sungai Apit dengan jarak tempuh 115,41 km. Etape ketiga Siak Dayun Km 11, rutenya keliling, untuk jalan yang dilintasi Siak, Dayun, Koto Gasib dan finis di Siak sebanyak dua lap dengan jarak 161,48 km. Untuk Etape keempat, City Race Kota Siak sepanjang 92,1 km sebanyak enam Lap," jelasnya.

Untuk Indonesia, Tour De Siak 2018 bisa dikatakan setara dengan Tour De Singkarak, untuk jadwal sudah ditentukan langsung oleh UCI, karena kegiatan Tour de Siak 2018 sudah menjadi kewenangan dari pihak UCI. Para pembalap harus mengikuti peraturan yang telah diterbitkan oleh Pengurus PB ISSI, dimana peraturan tersebut sangat ketat, para pembalap yang ikut di event Tour De Siak harus ikut dalam tata tertib aturan yang diberlakukan penyelanggara Tour de Siak 2018.

Tidak sampai disitu saja. Pada saat pembukaan Tour De Siak 2018 yang bertempat di Ajungan Seni Siak Bermadah tepatnya di depan Istana Siak secara resmi akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau Arsyad Djuliandi Rachman, yang didampinggi langsung Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi.

Lebih lanjut, pada saat malam penutupan Tour De Siak 2018 Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi yang juga didamping Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi mengutarakan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih, kepada seluruh panitia yang terlibat dalam pelaksanaan Tour de Siak. Dimana pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar. Syamsuar juga mengucapkan apresiasi kepada masyarakat kabupaten Siak yang juga turut serta menyukseskan event balap sepeda ini. 

Selain itu, Saat event Tour De Siak 2018 resmi dibuka, hingga sampai diakhir acara penutupan. Tour De Siak juga dihadiri seluruh Forkopimda, Pimpinan OPD Kabupaten Siak, Perusahaan, serta Para Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat dan Masyarakat Kabupaten Siak. Dalam pengamanan selama event Tour De Siak 2018, Polres Siak terjunkan 200 personel gabungan selama event digelar.(***)

Gubernur Riau dan Bupati Siak serta Wakil Bupati Siak menambuh gendrang tanda even TDSi 2018 resmi di buka.

Pembukaan Bazar Kreatif TDSi 2018 dan Pameran Foto oleh Bupati Siak

Bupati Siak melakukan kunjungan ke Stan Bazar Kreatif TDSi 2018

Pemotongan Pita oleh Istri Bupati Siak.

[9/25, 6:27 PM] ?+62 852-9966-1609?: Pemotongan Pita oleh Istri Bupati Siak. [9/25, 6:28 PM] ?+62 852-9966-1609?: Bupati Siak Secara Resmi menutup acara TDSi 2018

Penyerahan Hadiah yang di Serahkan Langsung Oleh Buapti Siak Kepada Pemenang TDSi 2018

Puluhan Pembalap Melakukan Speed Sprint Saat memasuki garis Finis