Polda Riau Gelar Jumat Curhat Bersama Warga di Kecamatan Payung Sekaki

Pekanbaru, Detak Indonesia--Giat rutin Jumat Curhat Bersama Polda Riau kembali digelar di Rumah Jumat Berkah Jalan Riau Ujung Kota Pekanbaru pada Jumat pagi (29/9/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kedatangan Tim Jumat Curhat Polda Riau yang dipimpin Dir Bimmas Polda Riau Kombes Wendry Purbyantoro SH SIK dalam rangka  menampung dan menyerap aspirasi sekaligus menjalin silaturahmi dengan masyarakat.

Dihadiri perwakilan tokoh masyarakat kurang lebih 100 orang  dengan sangat antusias, hadir dan memanfaatkan momen giat Jumat Curhat ini mengadukan berbagai macam permasalahan Kamtibmas di wilayahnya kepada Dirbinmas Kombes Wendry Purbyantoro SH SIK. Dengan sabar mendengar dan menampung aspirasi warga.

Beberapa permasalahan yang ada di antaranya disampaikan oleh Lurah Tirta Siak Darwindra SPi terkaid maraknya narkoba di wilayahnya. Mohon ditindaklanjuti dan dijawab Dir Binmas agar Kapolsek dipantau diselidiki dan bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk menanggulangi peredaran narkoba di wilayah setempat dan dari Binmas akan memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba di sekolah/perkumpulan remaja.

Kemudian dari tokoh agama Ustadz Aprizal mempertanyakan
Pagi ditangkap sore sudah dilepas sementara BB nya ada mohon penjelasannya. Dijawab Dir Binmas hal ini sudah diatur oleh Undang-Udang, mari diawasi proses hukumnya dan Kapolsek tolong atensi tentang narkoba.

 

Ketua RW Yuni mempertanyakan tentang pembutan polisi tidur/traffic bok apa ada aturan dan Undang-Undangnya berapa ukurannya dan dijawab Dir Binmas silahkan buat tapi ukuran sesuaikan dengan yang ada di Dinas Perhubungan. Hal ini sekedar efek kejut bagi pengendara kendaraan.

Warga lainnya D Simanjuntak mempertanyakan tentang parkir mobil besar/truk di bahu Jalan Riau ujung mohon ditertibkan dan dijawab Dit Binmas nanti akan disampaikan ke Dir Lantas selalu dipatroli dan diatur parkir truk/mobil besar yang selalu parkir di bahu jalan tersebut.

Giat Jumat Curhat dihadiri Kapolsek Payung Sekaki, Lurah Tirta Siak, Ketua LPM, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, perwakilan masyarakat, personel Bid Binmas Polda Riau, personel Polsek Payung Sekaki.

Kombes Pol Wendry Purbyantoro SH SIK menjelaskan, bahwa Program Jumat Curhat merupakan agenda rutin kepolisian yang digelar setiap Jumat. Tujuannya, menyerap aspirasi warga yang ada di Wilayah Hukum Polda Riau.

“Karena program ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat meningkatkan kepercayaan publik pada institusi Polri,” katanya.

 

Lebih lanjut, Dir Binmas menyampaikan pentingnya Polri menyatu bersama warga, turun langsung ke masyarakat, menyapa dan menampung aspirasi, selalu mengejar bola, dengan giat preventif dan preemtif, tentu dalam pelaksanaannya banyak sekali masyarakat yang bertanya bagaimana dalam pelaksanaan tugas kepolisian banyak terdapat kendala yang menjadi keluhan di masyarakat.

Jadi dengan adanya keluhan dari masyarakat membuka diri dengan melakukan curhat kepada polisi nantinya. Dan juga polisi ada juga Bhabinkamtibmas jadi tidak semua juga permasalahan yang ada di selesaikan dengan jalur hukum. Adanya permasalahan di masyarakat dapat diselesaikan dengan problem solfing bersama Bhanbinkabtimas. Dan juga dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas juga dibantu dengan adanya polisi RW.

Kehadiran Polri melalui kegiatan Jumat Curhat ini diapresiasi warga, salah satu tokoh Aidil Putra menyatakan ucapan terimakasih dan apresiasi dengan adanya kegiatan Jumat Curhat karena masyarakat merasa terlayani dan terayomi. Aspirasi dan keluhan terkait kamtibmas dan lain-lain bisa didengar langsung ke pimpinan Kepolisian Polda Riau dan harapan warga kinerja personil Polda Riau dalam melayani dan melindungi masyarakat semakin baik sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. (*/di)


Baca Juga