Lokasi Wisata Kuliner Pekanbaru yang Ramai Cewek Cantik-Cowok Ganteng, Ini Lokasinya !

Pekanbaru, Detak Indonesia--Tak susah mencari tempat wisata nongkrong dengan aneka ragam kuliner khas Nusantara dan makanan-minuman khas Asia yang murah meriah di Kota Pekanbaru, Riau.

Bila anda wisatawan Nusantara, atau wisatawan mancanegara, atau juga wisatawan lokal yang belum tahu tempat wisata malam gudangnya aneka makanan-minuman melimpah yang ramai cewek-cewek cantik dan cowok-cowok ganteng nongkrong, maka datanglah mulai usai senja di Jalan Diponegoro Pekanbaru dekat Tugu Keris tepatnya di belakang Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru.

Hampir setiap malam lokasi kuliner yang tumbuh secara alamiah ini diramaikan pengunjung muda-mudi. Apalagi pada malam minggu. Minggu malam nanti, dipastikan juga akan ramai pengunjungnya. Dahulu lokasi kuliner ini menjadi pro-kontra untuk digusur. Namun sekarang adem ayem setiap malam ramai.

Pengunjung muda-mudi mendominasi kawasan kuliner malam Jalan Diponegoro ujung dekat Tugu Keris Pekanbaru, Riau.

 

Ada dijual makanan-minuman seperti aneka Frozen food, ada sate, nasi goreng, mie goreng, mie ayam, bakso, siomay, pempek, batagor, seblak, combro, ketoprak, kerak telur, juice, dan aneka minuman.

Pemko Pekanbaru Bangun Dua Lokasi Kuliner UMKM

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP sedang memprogramkan penyelesaian dua lokasi kuliner UMKM Pekanbaru yang rencananya Desember 2023 akhir tahun akan dilaunching/diresmikan.

Dua lokasi kuliner tersebut pertama di lokasi samping purna MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru yang disebut Taman Labuai. Kedua, lokasi kulinernya di eks bangunan Badan Kesbangpol Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru melalui rekanan kontraktor merevitalisasi Taman Labuai Pekanbaru jadi tempat kuliner. Desember 2023 diresmikan. Ada tempat pentas panggungnya untuk musik, teater, sajak, baca puisi, dll

 

Lokasi Taman Labuai bangunan lama sudah dirontokkan dan direvitalisasi di mana dari pantauan Ahad (29/10/2023) rekanan kontraktor sedang mengerjakan panggung hiburan dan lantai keramik. Tapi progres pengerjaannya terkesan nampak agak lamban sedangkan Desember 2023 sudah dekat.

Demikian pula lokasi kuliner UMKM kedua di bangun di bekas kawasan Kantor Badan Kesbangpol Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad bekas rumah dinas Wakil Wali Kota Pekanbaru yang tak jadi ditempati Wakil Wali Kota Pekanbaru dulu, kini sedang direvitalisasi juga oleh rekanan kontraktor.

"Lokasi di bekas Kantor Badan Kesbangpol Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad ini akan ditempati pedagang UMKM, ada tenan-tenan nanti disiapkan. Mobil super ben dan bus wisata masuk kota diminta berhenti di tempat kuliner UMKM ini bawa penumpang untuk beli oleh-oleh khas Kota Pekanbaru di sini," tegas Muflihun saat menerima tokoh masyarakat, RT/RW, masyarakat Kecamatan Tuah Madani di Damai Langgeng belum lama ini. Ini juga disampaikan Muflihun saat menerima silaturahmi rombongan FKDM Pekanbaru di rumah dinasnya baru-baru ini.

Eks Kantor Badan Kesbangpol Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad akan dijadikan pusat kuliner/oleh-oleh Kota Pekanbaru. Mobil wisata, mobil superben bawa wisatawan akan singgah di sini nantinya.

 

Program prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun 2023 mengutamakan kebutuhan dasar rakyat Pekanbaru yakni Layanan Kesehatan 24 jam/doctor on call, Pemberian bea siswa kepada siswa berprestasi dan kurang mampu, Pemberian subsidi bunga kepada pelaku UMKM, Pemberian santunan kematian, Fasilitasi tempat pusat UMKM terpusat di eks Kantor Bankesbangpol dan Pusat Kuliner Taman Labuai.

Masalah perbaikan jalan rusak berlubang kata Muflihun pada pertengahan 2023 sudah diperbaiki beberapa ruas jalan di Pekanbaru seperti Jalan Suka Karya, Jalan Delima, Jalan Rambutan, Jalan Parit Indah dan lain-lain. Pada 2024 direncanakan sejumlah jalan yang rusak berlubang-lubang  juga akan diperbaiki seperti Jalan Cipta Karya, Jalan Taman Karya dan jalan lainnya di Kota Pekanbaru.

Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP

Pemko Pekanbaru di bawah pemerintahan Muflihun pada 2024 juga berencana membangun Alu-alun di Kota Pekanbaru seperti juga Kota Bandung. Tanah Pemko ada 8 hektare di seberang Jembatan Siak IV Sudirman Pekanbaru lebih 1 hektare akan dibangun Alun-alun dengan tata hijau taman yang asri dan estetis ada juga kulinernya. Menurut Muflihun dia No (tidak) akan membangun bangunan bertingkat, tapi kebutuhan dasar rakyat seperti pendidikan dan kesehatan yang diprioritaskan selain mengatasi jalan rusak berlubang, banjir, dan sampah.(azf)


Baca Juga