Wartawan Okezone.com, Juara Lomba Karya Jurnalistik Cooling System Pemilu Damai 2024

Pekanbaru, Detak Indonesia--Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal umumkan pemenang Lomba Karya Jurnalistik Cooling System Pemilu Damai 2024, Sabtu petang (9/3/2024).

Paling beruntung adalah wartawan Okezone.com Pekanbaru, Riau, Banda Haruddin Tanjung (Nanda Tanjung) meraih juara satu karya tulis jurnalistik yang meraih hadiah Rp10 juta dan bonus pencabutan undian Umroh oleh Kapolda Riau Irjen M Iqbal, Nanda Tanjung memenangkannya dan berhak Umroh.

Polda Riau gelar acara penutupan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Cooling System Pemilu Damai 2024, sekaligus pengumuman pemenang lomba yang di selenggarakan di Atrium Mal Living Wolrd Pekanbaru, yang sebelumnya pada selasa (5/3/2024) di buka oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, sebanyak 200 Karya Foto jurnalis, umum dan Polri ditampilkan di acara tersebut.

Terdapat 20.000 lebih link media Cooling System yang terkumpul sejak dibukanya lomba ini 15 November 2023 hingga tutup pendaftaran 18 Februari 2024 lalu, dengan peserta jurnalis baik TV Lokal dan Nasional, Media online lokal dan nasional serta Media Cetak yang ada di Riau.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal (kiri), Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (kanan)

 

Dalam acara penutupan tersebut turut hadir Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kadiv Humas Polri yang diwakili Karo Penmas Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Wakapolda Riau Brigjen Pol K Rahmadi, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal, Direktur Komunikasi PT Indonesia Indicator Ny Rustika Herlambang, para PJU Polda Riau, para Kapolres/ta jajaran Polda Riau, Ketua PWI Provinsi Riau, para Pimpinan Redaksi Media Provinsi Riau serta wartawan dan tamu undangan.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono sebagai Ketua Pelaksana melaporkan bahwa dalam kegiatan Lomba Karya Jurnalistik ini terdapat 2.180 peserta yang mendaftar dengan rincian kategori jurnalis 302 peserta yang mendaftar, kategori Polri 1.499 peserta yang mendaftar dan untuk kategori umum 379 peserta.

“Adapun jumlah karya yang didaftarkan sebanyak 2.676 karya, dengan rincian karya tulis jurnalis sebanyak 418 karya, foto jurnalis 240 karya, video jurnalis 140 karya, untuk kategori Polri sendiri berjumlah 1.241 karya dan video berjumlah 258 karya, untuk kategori umum karya foto yang terdaftar berjumlah 341 karya dan video berjumlah 38 karya,” jelas Kabid Humas.

Karo Penmas Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Polri yang turut hadir mewakili Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dr H Sandi Nugroho SIK SH MHum, beliau menegaskan dukungan Polri terhadap kegiatan positif masyarakat untuk terus mengembangkan diri melalui karya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti exhibition foto dan lomba karya jurnalistik yang diinisiasi oleh Polda Riau saat ini," ujar Karo Penmas dalam membacakan sambutan dari Kadiv Humas.

Waka Polda Riau Brigjen K Rahmadi foto bersama dengan para juara.

 

Menurutnya, kegiatan seperti ini memiliki dampak positif yang besar, terutama dalam membentuk opini masyarakat.

"Jurnalistik memiliki peran penting sebagai agenda perubahan melalui penyampaian berita kepada masyarakat," tambahnya.

Dalam era digital ini, dengan perkembangan informasi yang pesat, Kadiv Humas menekankan pentingnya literasi digital agar masyarakat mampu menyaring dan melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima, menghindari informasi yang berisikan hoax atau ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat.

Sementara Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, dalam sambutannya juga menekankan peran institusi kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta menjamin keamanan dan penegakan hukum.

"Kami ingin menggunakan upaya sesuai dengan tupoksi kami untuk menjamin pemilu aman, damai, kondusif, dan berintegritas," ungkapnya.

Ia menambahkan media memiliki peran penting dalam Cooling System Pemilu Damai dengan narasi-narasi baik yang mendinginkan.

Para juara lomba, foto bersama dengan Plh Sekdaprov Riau Indra

 

“Kami sepakat, Pak Wakapolda, pak Irwasda, serta semua PJU dan Kapolres untuk menginisiasi lomba karya jurnalistik, kita penuhi narasi media dengan Pemilu damai kondusif,  Ayo jaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda pilihan, tapi persatuan dan kesatuan adalah hal yang paling utama," pungkas Irjen Iqbal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dimulai dari kategori Polri

Lomba Foto kategori Polri:
I. Aiptu Andi Manopo Polres Bengkalis
II. Ipda Ashari Antoni Polres Kampar
III. Briptu Riyan Krisandi S Polres Bengkalis

Lomba Video kategori Polri:
I. Aipda Adi Suryana Polres Kampar
II. Briptu Nanang Indra Polres Bengkalis
III. Iptu Cevin Thimorut Beryan Djari, S.Tr.K., M.H Polres Inhu.

Lomba Foto Kategori Umum:
I. Erpanizal
II. Uswatun Hasanah Basri
III. Afrianto Silalahi

Lomba Video Kategori Umum:
I. Ryan Ronald Saputra
II. Muhammad Rafli Juara
III. Aulia Roni Tuah

Untuk kategori Karya Tulis:
I. Banda Haruddin Tanjung / okezone.com
II. Andy Indriyanto/Halloriau.com
III. Bynton Simanungkalit/Tribun Pekanbaru.

 

Harapan I dan II :
I. Raja Adil Siregar/detik.com
II. Defri Candra Riauonline.co.id

Untuk kategori Foto Jurnalis:
I. Evan Gunanzar/Riau Pos
II. Mhd Akhwan/Riau Pos
III. Wahyudi/riauaktual.com

Harapan I dan II :
I. Defrizal/Riau Pos
II. Dermawansyah/ Riaulink.com

Untuk kategori Lomba Video Jurnalis:
I. Ahad Laila Isnin/Riau Televisi
II. Novtri Fajar Ramadhan/Tv One
III. Oki Sulistio/NetTv

Harapan I dan II :
I. Irwansyah/ TVRI
II. Devi Hendrawan/Riau Televisi

Dan masing-masing Juara I untuk setiap kategori perlombaan mendapatkan Rp10.juta, Juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp5 juta. Sedangkan untuk juara harapan I dan II masing-masing memperoleh Rp3 juta dan Rp2 juta.

Sedangkan untuk peraih hadiah utama dari Kapolda Riau berupa tiket Umroh diraih oleh Banda Baharuddin Tanjung (Nanda Tanjung) dari Media online okezone.com.

 

Untuk Pemenang Amplifikasi Terbaik
Satker Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media:
I.Ditlantas Polda Riau
II.Sat Brimob Polda Riau
III.Ditreskrimsus Polda Riau

Satwil Jajaran Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media Lokal:
I.Polresta Pekanbaru
II.Polres Inhil
III.Polres Pelalawan

Satwil Jajaran Polda Riau Terbaik Amplifikasi Media Nasional:
I.Polresta Pekanbaru
II.Polres Rohul
III.Polres Dumai

Rapat Pleno Terbuka KPU Riau Selesai Ada Keberatan Saksi drh Chaidir

Di tempat terpisah, di Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil Pemilu 2024 Riau terakhir di KPU Riau yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru Sabtu (9/3/2024) sudah selesai dilaksanakan.

Namun ada protes keberatan dari salah satu saksi drh Chaidir. Ada bekisar 11 saksi DPD RI menolak hasil perhitungan suara DPD RI salah satunya calon DPD RI drh Chaidir mereka menolak hasil rekapitulasi dikarenakan mereka tidak semua menempati saksi mereka di TPS namun di C1 hasil rekap ada tanda tangan saksi DPD RI dan itu bukan terjadi di satu, dua atau tiga TPS tapi ribuan TPS ada tanda tangan saksi dari DPD RI.

Dengan temuan ini maka saksi DPD RI melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Provinsi Riau meminta kepada Bawaslu Provinsi Riau untuk membuka kotak suara kembali guna memastikan keaslian data yang mereka terima namun hal ini Bawaslu Provinsi Riau tidak memberikan rekomendasi untuk kotak suara dibuka kembali dengan alasan untuk membuka kotak suara harus melalui mekanisme yang ada dan sejauh ini Bawaslu memandang belum ada pelanggaran berat yang mengharuskan membuka kotak suara lagi maka dari itu saksi DPD RI menolak hasil rekap C1 di beberapa kabupaten/ kota termasuk Kota pekanbaru.(tim)

 


Baca Juga