Adam Syafaat Sambangi Kantor KPU Rokan Hulu

Pasir Pengaraian, Detak Indonesia-- Menjelang dilaksanakannya pemilihan suara ulang di 31 TPS yang ada di PT Torganda, Adam Syafaat bersama pengurus partai PKS mendatangi Kantor KPU Rokan Hulu pada Ahad 23 Juni 2024.

KPU Kabupaten Rokan Hulu melakukan proses pemutakhiran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan intensitas penuh di kawasan perkebunan PT Torganda

Pemutakhiran ini diselenggarakan dalam persiapan untuk Pemungutan Suara Ulang yang dijadwalkan pada tanggal 13 Juli 2024.

Ketua KPU Rohul, Cepi Abdul Husein, menyampaikan bahwa proses pemutakhiran DPT di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di empat kebun milik PT Torganda merupakan tahapan krusial.

"Jumlah pemilih di kawasan ini mencapai 7.462 orang. Kami terus melakukan pemutakhiran hingga tanggal 26, dengan tantangan utama adalah waktu yang terbatas," ujar Cepi.

 

Pemutakhiran melibatkan pengumpulan data DPT, DPTB, dan DPK, serta verifikasi status keaktifan karyawan perusahaan di daerah tersebut.

Cepi menegaskan bahwa pemilih yang memenuhi syarat harus menyertakan cek pemberitahuan dan KTP saat menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Proses ini juga mencakup eliminasi pemilih yang tidak memenuhi syarat administratif, seperti yang telah meninggal atau pindah domisili," tambahnya.

Adam Syafaat yang merupakan caleg terpilih Provinsi Riau di Pemilu 2024 lalu dari partai PKS Dapil Rohul dampingi oleh Sekretaris Umum DPD PKS Rokan Hulu Safran MPd mendatangi Kantor KPU Rokan Hulu untuk menanyakan proses verifikasi data di PT Troganda yang saat ini sedang berlangsung.

Adam mengatakan bahwa kedatangannya ke KPU Rokan Hulu untuk mempertanyakan data pemilih di 31 TPS yang akan dilaksanakan pemilihan suara ulang yang terletak di PT Troganda.

 

"Kedatangan kami hari ini ke KPU untuk mempertanyakan daftar pemilih di 31 TPS yang akan dilaksanakan pemilihan suara ulang besok. Kami mempertanyakan data tersebut karena kami merupakan salah satu partai yang dirugikan dengan adanya pemilihan suara ulang ini. Kami merupakan peraih suara terbanyak nomor lima di pemilihan anggota legislatif Provinsi Riau dapil Rohul pada 14 Februari 2024 yang lalu," katanya.

Dalam menghadapi pemilu mendatang, Adam Syafaat berharap agar prosesnya berlangsung dengan adil dan jujur.

"Kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan untuk memastikan integritas proses demokrasi yang sedang berlangsung," pungkasnya.

Proses pemutakhiran DPT di PT Torganda ini merupakan bagian dari persiapan matang menuju pemilu serentak yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan transparan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menentukan masa depan bangsa. (ary)


Baca Juga