Penyelidikan Tim Labfor Polda Sumut Temukan Beberapa Fakta Kebakaran

Kabanjahe, Detak Indonesia--Plh Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan SIK MH, memberikan penjelasan terkait insiden kebakaran yang terjadi di warung Jalan Nabung Surbakti Ujung, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (27/06/2024) sekitar pukul 03.30 WIB.

Untuk ke empat jenazah korban, telah diverifikasi oleh Tim Dokter Otopsi Rumkit Bhayangkara, bahwa ke empat korban adalah benar orang yang tinggal di warung tersebut sesuai keterangan saksi, yakni pemilik Warung Sempurna Pasaribu (47), Elfrida Ginting (48) istri, Sudi Investi Pasaribu (12) anak dan Loin Situngkir (2), cucu korban. 

Dari hasil investigasi olah TKP, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Utara mengungkap sejumlah fakta terkait peristiwa tersebut.

Pertama, lokasi api  kebakaran ditemukan di permukaan lantai dekat dinding kanan dalam rumah (warung). Lokasi ini juga berdekatan dengan tempat ditemukannya keempat jenazah korban di sebuah kamar sempit berukuran 2x3 meter. 

Kedua, menurut keterangan saksi, suami korban kembali ke rumah sekitar pukul 01.00 WIB, sedangkan kebakaran terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. 

 

Ketiga, di dalam rumah yang berukuran sekitar 3,5x9 meter tersebut, korban menyimpan bensin sebagai barang dagangan, selain Gas Elpiji serta kebutuhan sehari-hari lainnya. Dari adanya beberapa barang barang di warung tersebut, menimbulkan suara ledakan yang didengar para saksi, hal ini disebabkan oleh intensitas kebakaran yang tinggi, dipicu oleh bahan-bahan yang mudah terbakar seperti pertalite dan Gas Elpigi ukuran 3 kg.

Plh Kapolres Tanah Karo menyampaikan, temuan-temuan ini merupakan hasil sementara dari pemeriksaan TKP oleh Tim Labfor Polda Sumut kemarin.

Dengan temuan ini, diharapkan penyelidikan lebih lanjut dapat mengungkap secara jelas penyebab dan kronologi kebakaran," katanya.

Kapolres juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan mendalam untuk memastikan tidak ada faktor lain yang terlewat dalam kasus ini.

Polisi mengedepankan scientific crime investigation, dengan Tim dari Polres dan yang diturunkan Polda Sumut berharap penyebabnya segera diketahui," pungkasnya. (stm)


Baca Juga